Media Asuransi, JAKARTA – OVO dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) meluncurkan OVO U Card, kartu kredit yang dirancang guna menjawab kebutuhan generasi milenial dan digital natives. Tak hanya dapat digunakan di Indonesia, OVO U Card pun dapat digunakan untuk transaksi di luar negeri, dengan dukungan jaringan Mastercard.
Peluncuran OVO U Card 4 Desember 20210 ini, merupakan upaya OVO dan BRI untuk mempertegas kerja sama yang terjalin. OVO U Card merupakan salah satu kolaborasi bank dan fintech pertama yang dapat dikelola 100 persen secara digital melalui aplikasi OVO, memberikan pengalaman seamless, mulai dari tahap aplikasi pengajuan kartu kredit hingga proses pengelolaan.
Dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Selasa, 7 Desember 2021, disebutkan bahwa menggunakan pendekatan mobile–first, kartu kredit co-branding ini memberikan kemudahan dan transparansi bagi pemegangnya, termasuk generasi milenial yang berjumlah 83 juta jiwa pada tahun 2020 atau 34 persen dari jumlah penduduk Indonesia.
|Baca juga: OVO Paling Banyak Digunakan Emak-Emak di Indonesia
OVO U Card, dirancang khusus bagi para milenial yang menginginkan pengalaman serba cepat dan mudah. Tren ini ditunjukkan pula dari hasil riset Brilio.net bersama dengan JakPat Mobile Survey, yakni mayoritas milenial Indonesia (59 persen), khususnya kelas menengah ke atas, kini lebih menyukai transaksi nontunai, termasuk kartu kredit.
Bahkan, 63 persen milenial mengakui kebutuhan mereka akan kartu kredit, namun sebagian juga menyebutkan kesulitan dalam mendapatkan akses. Survey BCG bahkan menyebutkan bahwa penetrasi kartu kredit di Indonesia, tergolong rendah dengan kisaran 6 persen.
Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa peluncuran OVO U Card mempertegas semakin eratnya sinergi antara industri perbankan dan fintech dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi pengguna milenial yang menjadi mayoritas, termasuk pengguna OVO yang 63 persen adalah milenial.
Layanan dalam aplikasi OVO menjadi semakin lengkap dengan adanya integrasi seamless antara OVO dan BRI yang memungkinkan pengguna untuk mengatur transaksi OVO U Card secara penuh di aplikasi OVO. “Hal ini menjawab kebutuhan lebih dari milennial serta para digital natives yang menuntut layanan teknologi cerdas dan intuitif,” kata Karaniya.
Perilaku ini dipertegas melalui riset Kadence International seputar pembayaran digital dan penggunaan e-wallet, yang menemukan bahwa OVO menjadi pilihan layanan pembayaran digital bagi pengguna di rentang usia 25-45 tahun yang sebagian besar adalah generasi milenial, sehingga sangat tepat digandeng BRI untuk mendorong akses bagi segmen ini.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News