Media Asuransi, JAKARTA – Sobat asuransi, kamu mungkin termasuk generasi yang tumbuh bersama internet dan teknologi sejak kecil. Kalau kamu lahir antara 1995 hingga 2010 maka kamu adalah bagian dari Generasi Z.
|Baca juga: Bukan Cuma Urus Untung, Ini Rahasia Balanced Scorecard Biar Bisnis Makin Ngebut!
|Baca juga: Jangan Cuma Fokus Cuan! Perusahaan Hebat Pasti Terapkan Prinsip HAM Ini
Generasi ini sering disebut juga sebagai iGeneration atau generasi internet, karena mereka terbiasa hidup dalam lingkungan digital yang serba cepat dan terkoneksi. Tak heran, banyak dari mereka yang sudah akrab dengan gadget sejak usia dini.
Kehidupan digital yang melekat sejak awal ini membentuk karakter Gen Z menjadi pribadi yang tanggap terhadap perkembangan teknologi dan mampu memanfaatkannya dalam berbagai aspek kehidupan.
|Baca juga: Pricing Objective Jadi Strategi Bisnis yang Cocok Diterapkan untuk Pemula, Ini Alasannya!
|Baca juga: Ternyata Ini 5 Alasan Gen Z dan Milenial Tertarik Investasi Emas
Mereka terbiasa berpikir praktis, suka mengikuti tren, dan menjadikan dunia virtual sebagai bagian dari kehidupan nyata. Dengan karakter seperti itu, Gen Z dikenal cukup selektif saat memilih tempat bekerja.
Generasi Z dan pekerjaan
Menurut Elissa D Lestari, peneliti sekaligus Dosen Manajemen Universitas Multimedia Nusantara, Generasi Z sangat menjunjung tinggi nilai kejujuran di tempat kerja. Hasil survei menunjukkan mereka akan lebih setia kepada perusahaan yang transparan dalam memberikan informasi mengenai jenjang karier, sistem mentoring, serta langkah pengembangan diri.
Dari sisi aspirasi, Gen Z memiliki dorongan yang besar untuk meraih kesuksesan dalam karier. Hal ini tidak lepas dari pengalaman orang tua mereka yang pernah menghadapi krisis ekonomi pada 1998, sehingga Gen Z memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai pentingnya kestabilan finansial dan jenjang karier yang jelas.
Survei dari MarkPlus mencatat Generasi Z memiliki minat tinggi untuk bekerja di sektor pemerintahan, kementerian, perbankan, infrastruktur, sumber daya dan utilitas, serta perusahaan teknologi tinggi. Survei ini menggunakan beberapa indikator seperti tingkat kesadaran terhadap perusahaan, jumlah pelamar kerja, tingkat rekomendasi, serta citra perusahaan.
|Baca juga: Danantara Diminta Hindari Model Konglomerasi yang Tidak Produktif, Ternyata Ini Alasannya!
|Baca juga: 22 Program Strategis Danantara Dapat Catatan Khusus dari Komisi VI, Apa Itu?
Mengutip Tugu Insurance, Sabtu, 2 Agustus 2025, jika kamu termasuk Gen Z dan sedang mencari tahu seperti apa perusahaan ideal menurut generasi ini, berikut beberapa poin penting yang bisa jadi acuan:
Memberi kesempatan pengembangan diri
Sobat asuransi, Generasi Z tidak hanya mencari gaji dan fasilitas yang baik. Mereka juga tertarik pada perusahaan yang memberikan peluang untuk berkembang. Pelatihan, jenjang karier yang jelas, dan kesempatan untuk menambah keterampilan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.
Berikan work life balance yang baik
Gen Z sangat menghargai keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Perusahaan dengan jam kerja fleksibel, sistem kerja hybrid, serta fasilitas seperti kegiatan olahraga atau liburan bersama karyawan cenderung lebih menarik di mata mereka.
Memanfaatkan teknologi demi efisiensi kerja
Sebagai generasi digital, Gen Z terbiasa menggunakan teknologi untuk menunjang produktivitas. Perusahaan yang sudah menerapkan sistem kerja berbasis digital, otomatisasi, atau pemanfaatan aplikasi kerja akan lebih disukai karena dinilai efisien dan selaras dengan gaya kerja mereka.
Perusahaan yang melek dengan asuransi
Meskipun masih tergolong muda, namun banyak Gen Z yang sudah menyadari pentingnya memiliki perlindungan asuransi. Mereka lebih memilih perusahaan yang menyediakan manfaat asuransi, terutama asuransi kesehatan dan kecelakaan kerja. Bagi mereka, perlindungan terhadap risiko kesehatan atau kejadian tidak terduga adalah hal penting yang patut dipertimbangkan sejak awal bekerja.
|Baca juga: Danantara Genjot 22 Program Strategis Tuntas hingga Akhir 2025, Termasuk Restrukturisasi Asuransi!
|Baca juga: 22 Program Strategis Danantara Dapat Catatan Khusus dari Komisi VI, Apa Itu?
Generasi Z dan asuransi
Ketika mulai bekerja, semangat Gen Z biasanya sangat tinggi. Mereka tidak ragu untuk bekerja lembur atau mengambil tanggung jawab ekstra. Namun, ritme kerja yang padat ini bisa berdampak pada kesehatan jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang seimbang. Karena itu, penting bagi Gen Z untuk memiliki perlindungan berupa asuransi kesehatan.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News