1
1

Pemerintah Dorong Program Belanja Murah Jelang Nataru 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat meluncurkan Program EPIC Sale 2024 di Tangerang, Selasa, 22 Desember 2024. | Foto: ekon.go.id

Media Asuransi, JAKARTA – Pemerintah terus menggalakkan berbagai program belanja murah untuk meningkatkan minat belanja masyarakat menjelang Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Setelah program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 10-16 Desember 2024 dan Program Belanja di Indonesia Aja (BINA) yang masih berlangsung hingga 29 Desember 2024, kini Program Every Purchase is Cheap (EPIC) Sale 2024 turut memeriahkan momentum belanja murah di Indonesia. Program ini menawarkan bahan pokok berkualitas dengan harga terjangkau pada 20-31 Desember 2024.

|Baca juga: Para Mama Auto Cerdas saat Berbelanja Daring dengan 5 Jurus Ini!

“Kalau dihitung dalam bulan ini mulai dari Harbolnas, BINA, sampai dengan EPIC Sale, itu bisa dapat Rp80 triliun. Nah, Rp80 triliun kalau didolarkan itu sekitar US$5 miliar, berarti US$5 miliar ini adalah penghematan devisa belanja di Indonesia saja,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat meluncurkan Program EPIC Sale 2024 di Tangerang, dikutip Selasa, 24 Desember 2024.

Data Nielsen menunjukkan bahwa pengeluaran konsumen untuk produk kebutuhan sehari-hari (Fast-Moving Consumer Goods) dan teknologi pada kuartal III/2024 meningkat dibandingkan periode sebelumnya, mencapai Rp256 triliun.

|Baca juga: 5 Strategi Menyiasati Bujet Belanja Bulanan

Sementara itu, survei konsumen Bank Indonesia mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada November 2024 berada di level optimis, yakni 125,9, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Pemerintah pun berharap program belanja murah ini mampu mendongkrak perekonomian nasional.

Ketua Umum APRINDO, Solihin, mengungkapkan bahwa rata-rata penjualan ritel dalam setahun mencapai omzet sekitar Rp424 triliun. Dia menyebutkan bahwa EPIC Sale diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih aktif berbelanja.

Menko Airlangga juga optimistis target yang dicanangkan dalam program Harbolnas, BINA, dan EPIC Sale dapat tercapai. “Tercapainya target tersebut menunjukkan daya beli masyarakat Indonesia masih kuat, terutama jika didorong dengan harga murah dan diskon yang menarik,” ujarnya.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Pegadaian Raih Penghargaan di International Innovation Awards 2024
Next Post Kemenhub Lepas Mudik Gratis Nataru 2024 dari Dua Terminal Utama di Jakarta

Member Login

or