1
1

Pertamina SMEXPO 2023 Sukses, Omzet Penjualan Ritel Naik 293%

Pertamina SMEXPO 2023 akan segera digelar pada akhir Oktober di Jakarta dan tiga kota besar lainnya, sebagai ajang pameran produk unggulan dari mitra binaan Pertamina. | Foto: pertamina.com

Media Asuransi, JAKARTA – Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2023 sukses digelar. Rangkaian acara yang berlangsung sejak 31 Oktober hingga 5 November 2023 di Gandaria City Mall, Jakarta ini mampu menarik perhatian konsumen, dengan nilai transaksi ritel mencapai Rp1,3 miliar atau naik 293% dibanding Pertamina SMEXPO Jakarta tahun 2022, atau yang saat itu sebesar Rp450 juta.

Ajang ini juga mencatatkan komitmen transaksi bisnis dari pembeli dalam dan luar negeri sebesar Rp13 miliar atau bertumbuh dari tahun sebelumnya Rp10 miliar.

Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Erry Widiastono, mengatakan bahwa Pertamina SMEXPO 2023 bertujuan mendorong UMKM binaan untuk melangkah ke kancah internasional. Melalui SMEXPO, UMKM meningkatkan percaya dirinya, sejalan dengan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar sekaligus berinovasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar.

|Baca juga: Gelar SMEXPO 2023, UMKM Pertamina Siap Rebut Pasar Nasional

“Pertamina SMEXPO 2023 tidak sekadar pameran produk UMKM. Melainkan juga sebagai wadah pembinaan yang disiapkan Pertamina bagi pelaku UMKM yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca trend pasar,” ujarnya dalam penutupan Pertamina SMEXPO 2023, di Gandaria City Jakarta, Minggu, 5 November 2023.

Erry menambahkan, omset penjualan selama enam hari kegiatan Pertamina SMEXPO 2023 di Jakarta mencapai target yakni sebesar Rp1,3 miliar dari pembeli ritel, serta sebanyak Rp13 miliar dari potensial transaksi konsumen bisnis dari dalam dan luar negeri yang akan memesan dalam jumlah banyak.

Pembeli dari sektor bisnis ini terwujud dari kegiatan business matching atau temu bisnis, yang disediakan oleh Pertamina sebagai rangkaian dari acara Pertamina SMEXPO 2023. Temu bisnis ini berhasil mempertemukan pembeli potensial, termasuk pengusaha hotel, restoran, kafe, hingga korporasi. Di antaranya yakni Kadin dan pengusaha Indonesia dari berbagai wilayah, serta pebisnis Malaysia, Tiongkok, Korea, hingga Amerika Serikat.

Maraknya konsumen asing ini mencerminkan harapan Pertamina dalam mengembangkan UMKM binaannya ke kancah global, sejalan dengan tema Pertamina SMEXPO 2023 “Melangkah dari Lokal ke Global”.

Ediitor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Swiss Re Prediksi Akan Ada Lonjakan Permintaan Reasuransi di 2024
Next Post LINE Bank dan CGV Cinemas Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis

Member Login

or