Media Asuransi, JAKARTA – Senioritas sering punya citra yang beragam di tempat kerja. Pernah tidak, Sobat Asuransi, dengar kalimat seperti ini?
“Saya mengalami senioritas di tempat kerja saya yang baru.”
“Seru banget! Aku diajarin seniorku buat bikin beginian.”
Nah, dua kalimat di atas menggambarkan dua sisi dari senioritas: yang satu merasa tertekan, yang satu merasa terbantu. Sebenarnya apa sih makna senioritas itu?
|Baca juga: Apakah Perempuan Lebih Rawan Kecelakaan? Simak Fakta Berikut!
|Baca juga: Lembur Tidak Melulu Solusi! Berikut 6 Cara Cerdas Atur Waktu di Tempat Kerja
Menurut The Balance Careers, yang dilansir dari laman Tugu Insurance, Sabtu, 10 Mei 2025, senioritas mengacu pada lamanya seseorang bekerja di suatu perusahaan. Wisestep menyebutkan senioritas adalah pengalaman seseorang di bidang tertentu. Jadi, bisa disimpulkan semakin lama seseorang berkecimpung di suatu tempat atau bidang kerja maka dianggap senior.
Tapi jangan salah, Sobat Asuransi, senioritas bukan sekadar label. Pengaruhnya bisa meluas ke status kerja, prioritas, jenjang karier, bahkan penentuan kebijakan. Banyak orang mengira senioritas itu selalu identik dengan sikap otoriter atau tekanan terhadap yang lebih junior.
Padahal, ada banyak sisi positif dari senioritas yang justru bisa memperkuat kerja tim dan mempercepat adaptasi kerja. Lalu, apa saja sih sisi positif dari senioritas? Yuk, kita bahas bersama:
1. Nilai plus
Biasanya seorang senior itu sudah lama bekerja dan dinilai memiliki bekal kemampuan yang mumpuni. Oleh karena itu, biasanya perusahaan akan berpikir dua kali untuk memutuskan hubungan kerjanya.
2. Benefit
Sudah bukan rahasia umum lagi, banyak kantor yang memberikan benefit lebih untuk karyawannya yang senior. Dilansir dari Glints, biasanya karyawan tersebut akan mendapatkan promosi, kenaikan gaji, bonus tambahan, dan tunjangan lainnya. Hal ini bisa dibilang sebagai salah satu apresiasi loyalitas dari kantor.
|Baca juga: Laba OCBC (NISP) Tumbuh 11% Jadi Rp1,29 Triliun di Kuartal I/2025
|Baca juga: Mau Gaji Sesuai Harapan? Begini Cara Negosiasinya!
3. Efisiensi
Banyak kantor yang menerapkan training untuk junior dan pekerja baru yang diberikan oleh pekerja yang senior. Pertimbangannya adalah biasanya para senior memiliki pengalaman dan kemampuan lebih yang bisa dibagikan sebagai bekal ke junior dan pekerja baru. Hal ini bisa meminimalisir budget training yang dikeluarkan oleh kantor, Sobat Asuransi.
4. Dapat dijadikan mentor/pembimbing
Ini adalah salah satu sisi positif dari senioritas. Kamu bisa dibimbing pada masa-masa awal dalam melakukan pekerjaan. Kamu juga bisa mendapatkan beberapa tips dan trik maupun update informasi tentang kantor dari seniormu. Banyak dari mereka tidak segan untuk membimbing dan memberikan arahan hingga kamu dinilai bisa melakukan pekerjaan secara mandiri.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News