1
1

Survei Konsumen Juni 2022: Optimisme Konsumen Tetap Kuat

Bank Indonesia. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – Survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI) Juni 2022, mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 sebesar 128,2 atau tetap berada pada level optimis (indeks > 100), relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 128,9.

“Keyakinan konsumen yang tetap terjaga tersebut ditopang oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terutama terhadap penghasilan dan lapangan kerja,” kata Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Senin, 11 Juli 2022.

|Baca juga: Porsi Pendapatan Konsumen untuk Konsumsi Naik, Tabungan Turun

Secara kuartalan, rata-rata IKK selama periode kuartal II/2022 meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya. Rata-rata IKK kuartal II/2022 tercatat sebesar 123,4, lebih tinggi dari 114,6 pada kuartal I/2022.

Peningkatan tersebut didorong oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik terhadap aspek penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun ketepatan waktu dalam membeli barang tahan lama. Sejalan dengan meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga mengalami peningkatan pada semua aspek, yaitu ketersediaan lapangan kerja, kegiatan usaha, dan penghasilan.

Secara bulanan (month to month/mtm) Indeks Keyakinan Konsumen bulan Juni 2022 sebesar 128,2 sedikit turun dibandingkan dengan bulan Mei yang tercatat sebesar 128,9. Namun jauh meningkat dibandingkan dengan Indeks Keyakinan Konsumen di bulan April 2022 yang sebesar 113,1.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Jasindo Gunakan Akun Khusus & Resmi Cegah Penipuan Transaksi Digital
Next Post Vaksin Boster Syarat Wajib Perjalanan Jauh, Mulai Berlaku 17 Juli 2022

Member Login

or