Media Asuransi, JAKARTA – Kemampuan atau kekuatan skill leadership membantu kita sebagai seorang pemimpin berhubungan baik dengan orang lain, membuat keputusan yang produktif, dan memberikan bimbingan yang efektif.
Kekuatan profesional kita dapat mencakup keterampilan atau kualitas yang telah kita tunjukkan, karakteristik, atau kemampuan sosial. Mereka memungkinkan kita untuk mengelola tim secara efektif, memotivasi staf kita, mendelegasikan tugas, dan menggunakan umpan balik untuk meningkatkan dari waktu ke waktu.
Meningkatkan skill leadership
Bagaimana meningkatkan skill leadership? Dalam usaha untuk peningkatan skill leadership perlu dilakukan identifikasi keterampilan atau kualitas kepemimpinan yang ingin dikembangkan untuk mencapai tujuan seorang pemimpin. Dikutip dari laman resmi djkn.kemenkeu.go.id, berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:
a. Identifikasi kekuatan dan kelemahan kepemimpinan diri sendiri.
b. Mencari gaya kepemimpinan yang sesuai.
c. Menetapkan tujuan yang realistis untuk pengembangan.
d. Mencari dukungan dari pemimpin lain.
e. Merangkul peran kepemimpinan di luar pekerjaan.
f. Mengambil peran kepemimpinan di tempat kerja.
g. Melatih kesabaran
Ketika jumlah pegawai semakin banyak, maka semakin tinggi kualitas leadership yang dibutuhkan bagi seorang pemimpin. Selain dituntut untuk meningkatkan skill leadership, kualitas leadership juga perlu ditingkatkan yang bisa menjadikan kita lebih bijak dalam mengambil keputusan dan membina hubungan dengan rekan kerja kita.
|Baca juga: 7 Kelas Online Gratis Buat Nambah Skill dan Penghasilan
Dengan skill kepemimpinan yang baik, tentu kita juga bisa mengelola bisnis lebih mudah, karena para stakeholder mempercayai kita sepenuhnya sehingga membuat reputasi bisnis kita menjadi lebih baik, yang perlu diperhatikan:
1. Menganalisis kualitas kepemimpinan diri sendiri artinya mencari tahu tipe pemimpin seperti apa yang ada di dalam diri kita, melihat diri kita dari sudut pandang orang lain, menganalisis kualitas kepemimpinan kita dan mengenali area mana yang perlu ditingkatkan.
2. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi artinya mampu berdialog secara efektif dan menjadi pendengar aktif.
3. Memimpin dengan memberi contoh artinya mempunyai inisiatif, menjadi pribadi yang bertanggung jawab, meningkatkan kemampuan terus menerus dan mempunyai visi.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News