1
1

Amar Bank Jadi Bank Pertama di Indonesia yang Menerapkan Work from Anywhere

Nasabah sedang ngajukan pinjaman kredit di bank. | Foto: Doc

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan work from anywhere (WFA) secara permanen, atau disebut dengan hybrid working style. Kebijakan ini juga sejalan dengan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang diterbitkan pada 26 Oktober oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu poin penting yang disebut dalam cetak biru adalah transformasi desain organisasi perbankan yang mencakup empat aspek: workplacestructureauthority, dan workforce enablement. Dalam aspek workforce enablement atau pemberdayaan tenaga kerja, tertulis bahwa transformasi bank digital membutuhkan perubahan tempat kerja menjadi tempat kerja digital.

Di dalam cetak biru tersebut juga dijelaskan bahwa bank perlu mengembangkan budaya digital sebagai fondasi yang kuat untuk mengubah pola pikir serta pemahaman pengurus dan pegawai bank agar berorientasi pada visi digital untuk mendukung transformasi digital perusahaan.

Amar Bank adalah bank digital-only pertama di Indonesia, dengan dua produk unggulan, Tunaiku (platform pinjaman digital) dan Senyumku (bank digital). Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian, mengatakan bahwa pandemi ini membuat dunia korporasi menemukan manfaat dari kerja jarak jauh. Kembali ke gaya kerja yang lama, sama saja dengan menggunakan faks setelah adanya penemuan email.

|Baca juga: Tingkatkan Kinerja, Amar Bank Bangun Ekosistem Digital

“Sistem kerja hybrid adalah jalan keluar yang terbaik bagi kedua dunia, baik online maupun offline. Kebijakan Ini akan meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan segala keuntungannya yang sudah terbukti. Belajar dari lockdown, saya pikir akan menjadi sia-sia apabila dunia bisnis tidak membuat perubahan ini ke dalam budaya kerja mereka,” kata Vishal dalam keterangan resmi, Rabu, 8 Desember 2021.

Dengan cara kerja berorientasi digital dan fleksibel ini, karyawan dapat terus fokus memberikan layanan prima kepada pelanggan secara efisien, beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, serta dapat menjawab setiap kebutuhan konsumen di saat pandemi ini. Meskipun Amar Bank telah menerapkan kerja jarak jauh sebagai bagian dari budaya startup sejak awal tahun 2014, kebijakan work from anywhere atau bekerja dari mana saja ini resmi ditetapkan mulai bulan Oktober tahun ini.

“Pandemi telah berhasil mempercepat transformasi digital bagi kita semua, menunjukkan dan mengajarkan kita tentang gaya bekerja di masa depan. Amar Bank sebagai bank digital telah belajar dan memahami pentingnya fleksibilitas kerja serta work-life balance bagi tenaga kerja kami. Mengadopsi gaya kerja hybrid adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadi tempat kerja terbaik bagi semua talenta terbaik kami,” ujar Head of People Function Amar Bank, Pangeran Ambia.

Dinobatkan sebagai the Innovative Tech Company of the Year (ACES Award 2021), Amar Bank tidak hanya terus berinovasi untuk produk digitalnya, Tunaiku dan Senyumku, tetapi juga terus meningkatkan ruang dan budaya kerja digital melalui kebijakan WFA. Sebagai sebuah perusahaan, Amar Bank, dengan tenaga kerja lebih dari 1.000 orang dan 85 persen di antaranya adalah kaum milenial, terus mendengarkan orang-orang di dalamnya dan dinominasikan sebagai The Best Place to Work in Indonesia pada 2020.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post VisioNet Luncurkan Layanan Omnichannel Contact Center
Next Post Sequis Resmikan Kantor Pemasaran di Medan

Member Login

or