PT BRI Asuransi Indonesia (BRI Insurance) kembali menjadi salah satu dari 15 Market Leaders Asuransi Umum 2023 Media Asuransi. Berdasar hasil kajian dari Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) tersebut kini menempati posisi ke-10 dalam daftar market leaders tahun ini.
Perusahaan yang pada tahun 2022 dinakhodai oleh Fankar Umran sebagai direktur utama ini berhasil mencatatkan premi sebesar Rp2,31 triliun, ada peningkatan dibandingkan dengan periode sebelumnya hanya sebesar Rp1,78 triliun.
Perseroan juga berhasil membukukan jumlah investasi sebesar Rp2,36 triliun di tahun 2022, angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya hanya mencatatkan jumlah investasi sebanyak Rp1,81 triliun.
BRI Insurance menguasai market share untuk total investasi industri asuransi umum di Indonesia sebanyak 2,54 persen di 2022. Penguasaan pasarnya meningkat jika dibandingkan 2021 yang memiliki market share sebanyak 2,06 persen.
Nilai klaim bruto perseroan terjadi kenaikan tipis, yakni 2021 sebanyak Rp327,71 miliar, kemudian meningkat menjadi Rp369,38 miliar di tahun 2022.
Di sisi lain, BRI Insurance mencatatkan laba bersih setelah pajak sebesar Rp285,45 miliar di 2021 dan meningkat jadi Rp366,75 miliar di tahun 2022. Perseoran juga menguasai market share laba bersih industri asuransi umum sebanyak 6,06 persen di tahun 2022, atau meningkat dibandingkan 2021 yang hanya 4,82 persen.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News