Demam Korea merupakan fenomena global, termasuk di Indonesia. Demam Korea di Indonesia diawali dengan beredarnya beberapa serial drama Korea yang sangat populer di kalangan masyarakat, khususnya kaum remaja perempuan. Hal ini ditandai dengan munculnya fans dari artis Korea yang meningkat drastis. Dalam beberapa tahun terakhir, hampir semua kalangan terutama remaja, mulai menggandrungi drama serta musik Korea atau yang biasa disebut dengan Kpop.
Menurut Pakar Kajian Sinema Universitas Airlangga (Unair), Igak Satrya Wibawa, hal tersebut antara lain dikarenakan adanya demam Korean Wave yang sedang menjamur di Indonesia. Hal ini menjadi gelombang budaya di seluruh dunia atau yang biasa disebut dengan Korean Culture Invasion (Perluasan Budaya Korea). “Yang utama tentunya karena adanya demam Korean wave. Hal ini menjadi bukti bahwa tren adalah salah satu faktor penting” ujar Igak dalam laman Unair yang dikutip Media Asuransi.
Faktor penyebab lainnya karena drakor mengarah kepada ikatan emosional yang secara stereotipe dimiliki oleh perempuan, memiliki alur cerita yang menarik, serta adanya penetrasi pada platform digital. Halini dikarenakan pada era milenial, layanan digital menjadi pilihan utama yang banyak digunakan oleh remaja.
Oleh karena itu, sebagai strategi penetrasi pasar, drama korea disajikan dalam berbagai media internet, streaming berbayar, aplikasi mobile, YouTube dan lain-lain, yang hal itu tentunya jauh lebih efektif penetrasi pasarnya dibanding melalui televisi.
Bahkan, belakangan ini banyak brand besar dan perusahaan di Indonesia yang bekerja sama dengan artis atau idol Kpop dengan menjadikan mereka sebagai brand ambassador, mulai dari e-commerce, fashion, makanan, minuman, alat kecantikan, dan beragam industri
lainnya termasuk di industri keuangan.
Hal ini dilakukan sebagai strategi untuk menarik konsumen, dikarenakan menurut survei, saat ini artis Korea memiliki pasar yang besar dan trafik ekonomi yang tinggi. Dengan kesuksesan penjualan yang pesat, hal ini membantu pemulihan ekonomi Indonesia yang baru-baru ini menurun drastis karena adanya pandemi Covid-19. Hal itu pula banyak investor asing yang mulai melirik perusahaan Indonesia untuk berinvestasi guna meningkatkan perekonomian Indonesia.
Dengan popularitas yang terbukti sangat berpengaruh ini, industri keuangan di Indonesia turut melakukan berbagai bentuk kerja sama dengan artis atau idol Kpop tersebut. Salah satunya dilakukan oleh perusahaan asuransi Prudential. Pada 2021 lalu, Prudential Corporation Asia dengan bangga mengumumkan kolaborasinya dengan SuperM, yaitu salah satu grup Kpop besutan SM Entertaiment.
Grup yang diumumkan tahun 2019 tersebut beranggotakan tujuh orang, di antaranya Baekhyun sebagai leader yang berasal dari grup EXO, Kai dari grup EXO, Taemin dari grup Shinee, serta Taeyong, Mark, Ten, dan Lucas yang berasal dari NCT. Huruf ‘M’ dalam nama SuperM merupakan singkatan dari kata Matrix dan Master, yang berarti bahwa setiap anggota sudah menjadi bintang besar di band mereka sendiri.
SuperM sendiri memiliki album yang berhasil menempati posisi pertama di tangga album Billboard 200 dan telah terjual sebanyak 168.000 kopi di Amerika Serikat dalam kurun waktu satu minggu.
Dengan berbagai prestasi yang telah diraih tersebut, perusahaan asuransi Prudential optimistis bahwa pendekatan mereka yang positif dapat memberikan pengaruh serta dorongan untuk semangat bagi generasi saat ini. Prudential Corporation Asia berkolaborasi dengan SuperM dengan meluncurkan kampanye yang bertajuk We Do Well Together. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong semangat untuk tetap menjaga kesehatan karena kondisi yang tidak menentu akibat dari pandemi yang sedang dihadapi dunia saat ini.
Dalam salah satu media, Nic Nicandrou selaku Chief Executive Officer Prudential, mengungkapkan bahwa Prudential dan SuperM memiliki visi yang sama, yaitu untuk membantu memberikan dukungan serta energi positif dan mendorong optimisme masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan.
Bentuk kolaborasi tersebut dituangkan dalam lirik lagu yang dibawakan oleh SuperM yang dikemas dalam MV (Music Video) yang dapat disaksikan di kanal Youtube SMTOWN, yang dirilis pada 9 April 2021. Perilisan di hari pertama MV Prudential x SuperM telah ditonton 3 juta penonton. Hal ini tentunya cukup sukses menarik perhatian milenial untuk menggunakan asuransi.
Perusahaan Sekuritas
Selain itu, perusahaan sekuritas juga menjadi perusahaan keuangan selanjutnya yang menggunakan aktor ternama Korea yaitu Hyun Bin sebagai brand ambasador. Mereka, menjadikannya sebagai perwakilan brand antara Indonesia-Korea. Hal ini muncul setelah sebelumnya marak drama yang dibintangi oleh Hyun Bin, “Crush Landing On You”. Drama yang tayang di Netflix tersebut cukup ramai di beberapa negara, bahkan menjadi trending karena ceritanya yang sangat bagus.
Hyun Bin menjadi brand ambasador produk SimInvest, yaitu platform investasi untuk nasabah retail dari Sinarmas Sekuritas. Kolaborasi tersebut mengusung tema “I Am An Investor”, untuk mewakili semangat generasi saat ini untuk belajar berinvestasi dalam hal mempersiapkan masa depan.
Dalam suatu wawancara disebutkan bahwa Sinarmas memilih Hyun Bin sebagai brand ambasador karena ia memiliki karakter yang sesuai dengan image Sinarmas. “PT Sekuritas Sinarmas memilih Hyun Bin sebagai brand ambasador karena mempunyai karakter yang sesuai dengan brand image Sinarmas Sekuritas, yaitu dewasa, tenang, dan terpercaya. Sosoknya sebagai artis senior konsisten dalam rentang waktu yang cukup lama pada level teratas, dengan kepribadian yang humble, serta komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik mampu merepresentasikan nilai Service Excellence di Sinarmas Sekuritas,” tutur Direktur Sinarmas Sekuritas, Ferita Tanudjaja.
Pemilihan tersebut tentunya dibarengi oleh pesatnya popularitas para artis Korea di tengah generasi muda di berbagai belahan dunia.
Bank KB Kookmin dan Bank KB Bukopin
Perusahaan keuangan di Korea pun turut menggunakan berbagai inisiatif untuk mengembangkan bisnis mereka. Contohnya KB Kookmin Bank yang merupakan salah satu dari empat bank terbesar di Korea yang memiliki jaringan cabang paling luas serta basis pelanggan terbesar. Untuk di Indonesia anak usahanya PT Bank KB Bukopin Tbk.
Pada 28 Desember 2020 lalu, Melalui kanal Youtube KB 국민은행, Bank KB kookmin merilis video yang berisi kampanye iklan dengan judul “Bank KB Kookmin Bersama Bintang Dunia BTS Hadir di Indonesia”. Melalui video tersebut, Bank KB Kookmin bersama BTS menyapa masyarakat Indonesia sebagai tanda lahirnya Bintang Finansial Indonesia yaitu Bank KB Kookmin yang berkolaborasi dengan Bank Bukopin. Video tersebut mendapat sambutan antusiasme yang cukup baik dari masyarakat Indonesia, telah ditonton lebih dari 33 juta kali secara daring.
BTS sendiri sejatinya telah berkolaborasi dengan Bank KB Kookmin sejak 2018 lalu, hal ini sampaikan oleh Komisaris Independen Bank KB Bukopin sekaligus Head of Global Business Group Senior Managing Director KB Kookmin Bank, Chang Su Choi. Dengan kampanye bertajuk “Bintang Finansial Indonesia” ini, Bank KB Kookmin bersama Bank Bukopin berharap dapat memenuhi kebutuhan finansial serta menyediakan berbagai solusi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Kampanye iklan ini menceritakan kisah BTS, sebagai simbol Bank KB Kookmin yang hadir di Indonesia dan menjadi “Bintang” di Indonesia untuk menerangi tempat lahirnya pembangunan ekonomi di Kota.
Lagu BTS “Dynamite”, yang menduduki puncak tangga lagu Billboard AS selama 8 minggu berturutturut, digunakan sebagai musik latar dalam iklan pertama Bank KB Kookmin di Indonesia, karena lagu tersebut mencerminkan dinamika Indonesia yang berkembang pesat sebagai bintang ekonomi global.
Dan, baru-baru ini pada 7 Januari 2022, Bank Bukopin melalui akun instagramnya mengunggah postingan “KB Bukopin X AESPA Coming Really Soon!”. Dalam postingan tersebut Bank KB Bukopin mengatakan agar para My (julukan fans AESPA) jangan sampai melewatkan berbagai keseruan kolaborasi antara Bank KB Bukopin dan AESPA di tahun ini.
AESPA sendiri merupakan girl group asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment. Grup ini terdiri dari empat anggota: Karina, Giselle, Winter, dan Ningning. Mereka melakukan debut pada 17 November 2020 dengan single “Black Mamba”.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News