PT Asuransi Sumit OTO berhasil menduduki posisi ketiga dalam Best General Insurance 2023 Media Asuransi untuk kelompok ekuitas Rp100 miliar hingga Rp200 miliar. Hasil kajian Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) menunjukkan ada peningkatan pada nilai investasi tahun 2022 sebesar 22,62 persen dari Rp306,51 miliar menjadi Rp375,84 miliar.
Sumit OTO berhasil meningkatkan sejumlah indikator keuangannya di sepanjang 2022 hingga Dewan Juri memutuskannya menjadi salah satu Best Insurance 2023. Salah satu yang meningkat adalah nilai premi bruto dari Rp108,42 miliar di 2021 menjadi Rp118,39 miliar di tahun 2022. Presiden Direktur PT Asuransi Sumit OTO, Mohammad Haryadi Jayaputra, mengatakan bahwa kinerja 2022 lebih banyak terdorong dengan pemulihan pandemic Covid-19. Kondisi itu membuat rasio klaim turun, penutupan polis mulai terlihat meningkat, dan penempatan investasi yang maksimal.
“Kinerja perusahaan di 2022 menunjukkan pertumbuhan sangat baik sejalan dengan terkendalinya pandemi Covid-19, yang mendorong meningkatnya pasar kendaraan bermotor meskipun sempat terganggu dengan isu kelangkaan semi konduktor yang berdampak pada kinerja penjualan sempat terhambat dari asuransi kendaraan bermotor,” katanya.
Selain itu, pertumbuhan ini juga terjadi karena tingkat mobilitas masyarakat yang belum normal sehingga terjadi penurunan frekuensi klaim dibandingkan proyeksi. “Pencapaian profit perusahaan tumbuh dengan sangat baik disebabkan tingkat mobilitas masyarakat belum normal sehingga berdampak pada turunnya frekuensi klaim yang terjadi dibandingkan dengan proyeksi,” pungkasnya.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News