PT Asuransi Dayin Mitra Tbk berhasil melakukan lompatan dengan menduduki posisi ketiga dalam Best General Insurance 2023 Media Asuransi untuk kelompok ekuitas Rp300 miliar hingga Rp500 miliar. Hasil kajian Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA) menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa indikator keuangan perusahaan ini.
Hasil kerja keras perusahaan di sepanjang 2022 ditunjukkan melalui beberapa indikator keuangannya yang mengalami peningkatan. Salah satunya nilai premi bruto yang naik sebesar 12,86 persen, di tahun 2021 premi bruto Dayin Mitra sebesar Rp1,03 triliun menjadi Rp1,16 triliun pada tahun berikutnya. Sejalan dengan itu, premi neto tumbuh 11,96 persen, dari Rp155,22 miliar tahun 2021 menjadi Rp173,78 miliar di 2022.
Sedangkan nilai investasi naik tipis sebesar 0,92 persen dari Rp365 miliar di tahun 2021 menjadi Rp369 miliar pada tahun 2022. Hasil underwriting naik sangat tipis yakni 0,15 persen, dari Rp134,43 miliar pada tahun 2021 meningkat Rp134,62 miliar pada tahun 2022. Ekuitas perseroan naik 0,95 persen dari Rp361,70 miliar di 2021 menjadi Rp365,12 miliar di 2022.
Sementara itu laba bersih perusahaan mengalami penurunan 8,44 persen menjadi Rp18,55 miliar pada tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp20,26 miliar. Hal ini antara lain dipicu
oleh meningkatnya nilai klaim neto perusahaan dari Rp22,50 miliar di tahun 2021 menjadi sebesar Rp34,43 miliar pada tahun 2022.
Di sisi rasio, Asuransi Dayin Mitra memiliki rasio solvabilitas (risk based capital/RBC) di 2022 sebesar 334 persen, hampir 3 kali lipat di atas ketentuan regulator sebesar 120 persen.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News