Dulu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dikenal sebagai bank Wong Cilik atau bank Wong Ndeso. Namun, sebutan tersebut tak membatasi bank dengan laba terbesar itu dalam melakukan transformasi digital demi melayani nasabah yang tersebar di seluruh pelosok wilayah Tanah Air. Bahkan, BRI saat ini tercatat sebagai satu-satunya bank yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri yaitu BRIsat.
Dalam ajang Digital Financial Excellence Award 2023 yang diselenggarakan oleh Media Asuransi, BRI dinobatkan sebagai pemenang di dua kategori yaitu Kelompok Bank Modal Inti (KBMI) 4 dan Kelompok Bank BUMN. Pada dua kategori tersebut, bank pelat merah yang saat ini dinakhodai oleh Sunarso tersebut menempati posisi kedua.
Dari 13 indikator penilaian meliputi usage, frequency, channel mix (socmed), loyalty, comm mix, awareness, trust level (security), sentiment, customer satisfaction, overall UI/UX experience, customer insight, used of AI insight, dan customer with disabilities, BRI mencatatkan nilai maksimal. Hanya pada indikator comm mix, BRI mencatatkan skor 2,5 dari skor tertinggi 5, sedangkan pada indikator customer with disabilities BRI mengantongi skor 0.
Sunarso menegaskan transformasi digital yang ditempuh BRI saat ini adalah dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan melalui strategi yang inovatif. Visi yang akan dicapai pada 2025 adalah menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion.
Literasi digital dan kemudahan transaksi terus diberikan BRI melalui salah satu digital channel BRI adalah Super Apps, BRImo, yang terus meningkat tajam pertumbuhannya.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News