1
1

Ajaib: Emiten Kendaraan Listrik Menarik untuk Dilirik

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – Emiten yang berhubungan dengan kendaraan listrik diperkirakan memiliki prospek cerah di tengah prospek industri kendaraan listrik yang masih akan positif seiring dengan berkembangnya teknologi.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani menjelaskan pemerintah telah efektif memberlakukan insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sejak 1 April 2023. Baik itu insentif mobil listrik, bus listrik, dan insentif motor listrik yang telah efektif terlebih dulu diimplementasikan sejak 20 Maret 2023. Beberapa emiten yang telah ekspansi bisnis utamanya ke sektor kendaraan listrik (electric vehicle) sempat mencatat kenaikan dampak dari katalis positif tersebut.

Beberapa emiten tersebut di antaranya yakni PT Indika Energy Tbk (INDY) yang sudah meluncurkan produk motor listrik Alva One sejak tahun lalu, PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) Bersama dengan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) yang berekspansi ke industri kendaraan listrik dengan merek Volta, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) yang memiliki motor listrik dengan merek Gesits, PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) yang berfokus pada perakitan kendaraan listrik dengan merek Selis, PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) yang bekerjasama dengan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dengan membentuk usaha patungan pada motor listrik yakni electrum, serta PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) yang menyediakan komponen kebutuhan kendaraan listrik.

|Baca juga: MARKET REVIEW: Net Buy Asing Sokong Penguatan IHSG

Pemberian insentif kendaraan bermotor listrik dari Pemerintah sempat membuat beberapa emiten tersebut mencatat kenaikan harga saham yang cukup signifikan. Meskipun saat ini, beberapa saham tersebut mulai mencatat penurunan. Momentum penguatan emiten kendaraan listrik/EV yang tercatat naik ketika insentif tersebut diberlakukan memang merupakan sentimen sesaat karena adanya kebijakan pemerintah tersebut.

Beberapa emiten yang telah masuk ke dalam industri EV tersebut belum sepenuhnya mengandalkan penjualan kendaraan listrik sebagai kontributor utama pendapatan. Jika dilihat saat ini, terang Chisty, permintaan kendaraan listrik dalam negeri belum terlalu besar terutama untuk mobil listrik. Pasalnya, penjualan mobil listrik di Indonesia tergolong kurang diminati sebab harganya yang lebih tinggi dibanding mobil konvensional. Sedangkan untuk penjualan motor listrik sendiri, permintaannya jauh lebih tinggi dibanding mobil listrik.

Dari sisi fundamental, dia menjelaskan emiten kendaraan listrik yang telah berhasil mencatat kenaikan kinerja imbas dari pemberian insentif kendaraan listrik diantaranya adalah PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS). SLIS berhasil mencatat penjualan yang tumbuh 8,65% yoy sepanjang kuartal I/2023, secara rinci kontributor utama pendapatan SLIS berasal dari penjualan komponen elektronik sebanyak Rp 261,79 miliar, dan penjualan sepeda listriknya sebesar Rp225,36 miliar.

PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) yang memiliki kendaraan listrik volta pergerakan sahamnya sempat terkoreksi pada 20 Maret 2023, namun pergerakannya tercatat mengalami kenaikan mulai 27 Maret 2023.

Begitupun dengan emiten yang memiliki motor listrik lain seperti WIKA, TOBA, dan INDY yang secara teknikal pergerakan sahamnya telah bullish sejak akhir Maret 2023, kecuali GOTO yang secara teknikal pada saat sentimen tersebut efektif pergerakannya masih belum tercatat rally. Hal tersebut karena GOTO juga masih dipenuhi katalis negatif dari melemahnya sektor teknologi di tengah era kenaikan suku bunga acuan pada tahun ini.

|Baca juga: Pasar Diperkirakan Sideways, Investor Disarankan Tunggu Momen Buy on Weakness

Sementara, WIKA, sambung Chisty, TOBA maupun INDY pergerakannya saat ini terkoreksi imbas dari pergerakan sektoralnya belum cukup positif. Untuk TOBA dan INDY terkoreksi karena pergerakan sektor energi saat ini juga tengah koreksi, yang disebabkan mayoritas komoditas mengalami penurunan permintaan komoditas sebab perlambatan ekonomi global. Sementara untuk WIKA, pergerakan sektor konstruksi juga cukup menantang di tengah era suku bunga yang cukup tinggi seperti saat ini

PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) juga berhasil mencatat kinerja yang solid sepanjang kuartal I-2023. Penjualan DRMA tercatat tumbuh melesat 57,4% yoy mencapai sebesar Rp1,4 triliun. DRMA merupakan produsen lokal yang memasok baterai untuk sepeda motor listrik dan komponen kendaraan listrik lainnya.

Prospek ke depan untuk industri kendaraan listrik masih akan positif seiring dengan berkembangnya teknologi. Di sisi lain, masyarakat pun semakin sadar untuk mengembangkan energi terbarukan dalam hal teknologi, termasuk pada bidang industri otomotif berbasis listrik. Perkembangan industri kendaraan listrik pun sesuai dengan fokus pemerintah untuk mewujudkan energi bersih dengan menargetkan produksi 2 juta unit sepeda motor listrik pada tahun 2025.

Adapun rekomendasi saham yang bisa diperhatikan oleh investor adalah:

INDY
Buy on weakness
Support : 1860
Resistance : 2160
Cut loss If break : 1800

DRMA
Speculative buy
Support : 1000
Resistance : 1200
Cut loss if break : 890

 

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Obie Menggandakan Strategi Distribusi Unik untuk Investor Real Estate
Next Post Properti Kilang yang Dikelola PT Arun LNG kini Berpindah Tangan ke LMAN

Member Login

or