Media Asuransi, JAKARTA – PT Bali Bintang United Sejahtera Tbk (BOLA) yang merupakan pengelola klub sepak bola Bali United mengembangkan bisnis di bidang blockchain dan kripto. BOLA telah meresmikan “Kolektibel”, online NFT marketplace pertama di Indonesia yang berfokus pada moments di dunia olahraga.
Hal itu dilakukan melalui anak perusahaannya yakni PT Kreasi Karya Bangsa (United Creative), dan semakin serius dalam mengembangkan bisnis di dunia digital. Bukan hanya melalui media sosial, melainkan juga melalui teknologi blockchain dan kripto.
CEO United Creative, Putri Sudali, menjelaskan bahwa sejak pertengahan tahun 2021, Bali United telah membuat divisi khusus yang berfokus pada pengembangan usaha blockchain dan kripto.
Baca juga: Harga Batubara Meroket, Kementerian ESDM Patok Industri Non Listrik
Lalu pada 28 Oktober 2021, Kreasi Karya Bangsa meresmikan salah satu bisnis barunya dalam bidang NFT, bertajuk Kolektibel.com.
Koleksi moments kurasi pertama yang akan diluncurkan adalah olahraga bola basket melalui kerjasama resminya bersama dengan Indonesian Basketball League (IBL) yang telah diresmikan kemarin, 28 Oktober 2021 dan akan melakukan beta launch pada bulan November 2021.
Ke depannya United Creative juga akan mengembangkan NFT marketplace ini dan bekerja sama dengan olahraga lain seperti sepakbola, badminton, voli dan lainnya.
“Selain moments, kami juga akan mengembangkan ke produk NFT lain ataupun turunan blockchain lain melalui komunitas digital dan intellectual property yang sudah kami miliki lebih dari 75 juta pengikut,” ujar Putri dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 Oktober 2021.
Jika dilihat benchmark dari klub atau lembaga sepakbola lainnya, Putri bilang, pada tahun ini mereka sudah lebih dulu masuk ke dunia blockchain, crypto & NFT.
Contohnya, NBA melalui NBA Topshot sudah mengembangkan NFT marketplace yang saat ini valuasi mencapai US$7,5 miliar. Sementara itu, Manchester City, PSG, Liverpool, Barcelona dan masih banyak lagi melalui Sorare.com yang di bulan September meraih US$680 juta dolar.
Dengan tagline Beyond Football, masih banyak lagi yang akan diluncurkan Bali United dan United Creative di tahun mendatang. Putri menyatakan bahwa Bali United juga sedang explore opportunity untuk masuk ke dunia metaverse baik untuk Bali United dan komunitas digital yang dimiliki United Creative.
Baca juga: Kinerja Tiga Bank BUMN Melesat, Ini Lengkapnya
“Peluncuran NFT ini hanyalah awal dari inovasi baru kami. The future is here for BOLA,” tegas Putri.
Direktur Utama Bali Bintang Sejahtera, Yabes Tanuri, mengungkapkan bahwa BOLA tengah mengembangkan dan menjajaki revenue stream di bisnis sport and entertainment berbasis konten dan teknologi. Tiga segmen utama yang menjadi fokus bisnis BOLA adalah sports & e-sports, entertainment & content enabler, serta digital community incubator.
“Kami berinvestasi pada new economy business di bidang teknologi, hiburan dan olahraga untuk memperkuat ekosistem kami dalam mengakselerasi pertumbuhan,” kata Yabes dalam paparan publik yang digelar secara virtual, beberapa waktu lalu.
Adapun, berawal dari tahun 2020, saat ini United Creative telah memiliki komunitas digital dengan jumlah lebih dari 75 juta pengikut di media sosial. Salah satu komunitas terbesar yang dimiliki yakni Rahasia Gadis (@rahahasiagadis), Drama Ojol (@dramaojol.id), KVIBES Korean Entertainment (@officialkvibes @fyi.korea) dan masih banyak lagi. Aha
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News