Media Asuransi, JAKARTA – PT Avia Avian Tbk (AVIA), emiten produsen cat di Indonesia yang terintegrasi dari hulu ke hilir, mencatat total penjualan konsolidasi sebesar Rp3,62 triliun pada semester I/2024.
Dalam keterangan resminya dikutip, Jumat, 2 Agustus 2024, manajemen perseroan menyampaikan pencapaian ini menunjukkan ketahanan dan efektivitas strategi bisnis perseroan. “Didukung oleh lebih dari 8.000 karyawan yang berdedikasi tinggi, AVIA terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar cat dekoratif di Indonesia.”
Pada semester pertama tahun ini, AVIA juga mencatat kinerja bottom-line yang solid dengan margin laba kotor sebesar 45,0%, margin EBITDA sebesar 27,7%, dan margin laba bersih sebesar 22,3%.
|Baca juag: Avia Avian (AVIA) Cetak Penjualan Rp1,9 Triliun pada Kuartal I/2024
Sepanjang tahun 2024, AVIA secara konsisten menjalankan berbagai strategi dengan memanfaatkan keunggulan kompetitif yang dimiliki perseroan untuk memenangkan pangsa pasar dari perusahaan cat lainnya, khususnya di tengah kondisi pasar yang sulit. Keunggulan kompetitif yang dimaksud sangat beragam, mulai dari kemampuan inovasi yang ditopang oleh tim Riset, Pengembangan, dan Inovasi (RDI) yang andal, kemampuan integrasi vertikal, jaringan distribusi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, serta strategi pemasaran yang efektif dan luas menjangkau seluruh kalangan masyarakat.
Sampai dengan akhir semester pertama, AVIA memiliki sebanyak 123 pusat distribusi yang dimiliki sendiri, didukung oleh 15 pusat distribusi mini dan 39 pusat distribusi pihak ketiga. Dengan memiliki jaringan distribusi yang luas mencangkup seluruh wilayah Indonesia, telah membedakan AVIA dengan para pesaing lainnya, utamanya dalam hal kualitas layanan yang diberikan.
Saat ini, AVIA telah melayani lebih dari 57 ribu toko bahan bangunan di berbagai wilayah Indonesia. AVIA mampu melakukan pengiriman ekspres, yakni pengiriman barang dalam waktu sekitar 2 jam setelah pesanan dilakukan. Pelayanan ini merupakan elevasi dari layanan one-day delivery yang sudah sejak lama dijalankan Perseroan. Kualitas layanan yang unggul ini, dikombinasikan dengan beragam aktivitas pemasaran yang strategis telah membantu Perseroan membangun relasi yang kuat antara AVIA dengan para toko bahan bangunan.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News