Media Asuransi, JAKARTA – PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) mencatatkan pertumbuhan yang konsisten selama 5 tahun terakhir, dengan tingkat pertumbuhan majemuk (CAGR) sebesar 18% sejak 2019 hingga 2024.
Hal ini mencerminkan kekuatan strategi bisnis yang terukur dan keberhasilan perusahaan dalam memanfaatkan sinergi antara dua segmen bisnis utama—keramik premium dan hospitality. “Kami percaya bahwa kombinasi segmen manufaktur keramik dan perhotelan bukan hanya memberikan daya tahan finansial yang signifikan bagi perusahaan, tetapi juga mendorong pertumbuhan yang kuat dan margin yang optimal,” ujar Yohas Raffli, Direktur Utama IKAI dalam keterangan resmi dikutip, Selasa, 31 Desember 2024.
|Baca juga: Intikeramik Alamasri (IKAI) Buka Showroom Essenza
Sinergi kedua segmen ini terbukti menciptakan leverage strategis yang mendorong rata-rata Gross Profit Margin (GPM) perusahaan hingga mencapai 48%, jauh di atas rata-rata industri keramik nasional sebesar 38%. Dengan kontribusi segmen keramik sebesar 56% sebagai pendorong utama dan hospitality sebesar 44% sebagai penyeimbang margin, IKAI berhasil menciptakan portofolio bisnis yang kokoh dan berkelanjutan.
Inovasi produk dan saluran distribusi IKAI terus memperkuat segmen manufaktur dengan fokus pada produk inovatif dan teknologi canggih. Produk unggulan Smooth Grip Porcelain Tiles menjadi sorotan utama, mencatatkan lonjakan penjualan hingga 185% dalam satu tahun, dari 53.820 m² di 2023 menjadi 153.195 m² di 2024.
|Baca juga: Surya Toto (TOTO) Akan Bagi Dividen Interim Rp123,84 Miliar
Dengan teknologi No Slip Resistance dan desain premium bernuansa alam, produk ini menawarkan keamanan sekaligus estetika, menjadikannya pilihan utama bagi arsitek dan pengembang.
Selain itu, IKAI terus memperluas cakupan distribusinya, menjangkau 38 provinsi di Indonesia serta merencanakan ekspansi internasional ke Jepang dan Australia. Langkah ini, bersama kerja sama strategis dengan mitra asing, memastikan daya saing produk IKAI tidak hanya di pasar domestik tetapi juga di tingkat global.
Memasuki 2025, IKAI telah merancang langkah strategis untuk memperkuat posisi kompetitifnya melalui fokus pada tiga pilar utama: manufaktur, hospitality, dan properti yang menjadi bagian transformasi terpadu untuk menciptakan pertumbuhan berkelanjutan.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News