Media Asuransi, JAKARTA – PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan pendapatan kuartal III/2022 sebesar Rp7,33 triliun, meningkat 4 persen year on year (yoy). MNCN masih memimpin dalam belanja iklan, mencatat 46,3 persen dari total belanja iklan pada TV FTA pada periode Januari-September 2022.
Dari laporan ringkasan kinerja keuangan kuartal III/2022, MNCN telah membukukan pendapatan iklan sebesar Rp6,33 triliun, turun 6 persen yoy. Namun, pendapatan iklan digital mampu mempertahankan peningkatan yang tinggi dengan kenaikan 33 persen yoy, dari Rp1,43 triliun pada tahun 2021 menjadi Rp1,9 triliun di tahun ini. Pencapaian ini didorong oleh eksekusi yang kuat pada seluruh platform digital perseroan, seperti RCTI+ (AVOD superapp), portal online, dan monetisasi media sosial berkelanjutan.
|Baca juga: Mirae Pertahankan Rekomendasi Buy untuk Saham MNCN
Bisnis konten dan IP Perseroan terus menunjukkan pertumbuhan yang substansial dengan membukukan pendapatan sebesar Rp1,39 triliun, meningkat 27 persen yoy. Selain itu, dengan menjadi produsen konten dengan pangsa pasar terbesar di dalam negeri, maka peningkatan pada produksi akan semakin memperkaya pustaka konten MNCN, dan membuka lebih banyak peluang untuk monetisasi seiring dengan bertambahnya permintaan dari pemain online, media sosial , dan dari bisnis IP.
Seiring dengan aksi konsolidasi Vision+ kedalam anak perusahaan Perseroan, MSIN, pada awal tahun 2022, SVOD platform superapp ini terus menghasilkan hasil yang memuaskan, dengan pendapatan sebesar Rp154 miliar untuk kuartal III/2022, naik 10,8 persen dibandingkan kuartal II/2022.
Pada kuartal III/2022 beban langsung perseroan naik 4 persen yoy menjadi Rp2,92 triliun, disebabkan oleh peningkatan produksi konten orisinil untuk Vision+. EBITDA perseroan pada kuartal III/2022 mencapai Rp3,07 triliun, naik 4 persen yoy. Ini mewakili marjin EBITDA sebesar 42 persen.
MNCN telah menghasilkan Rp4,13 triliun untuk laba kotor pada kuartal III/2022, naik 2 persen yoy dibandingkan tahun lalu, yaitu sebesar Rp4,04 triliun. Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp1,89 triliun pada kuartal III/2022, meningkat 4 persen dari tahun lalu, yang mewakili marjin laba bersih sebesar 26 persen.
|Baca juga: Media Nusantara Citra (MNCN) Anggarkan US$45 Juta Bangun Movieland
Executive Chairman of MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, mengatakan bahwa saat ini perseroan masih memperlihatkan pertumbuhan positif di berbagai segmen di tengah pertumbuhan industri yang belum maksimal. Dengan era digital yang mulai popular di Indonesia, perseroan siap menyambutnya dengan dukungan-dukungan terbaik.
“Melihat dominasi kami dalam belanja iklan selama periode 9M-2022, kami yakin sinergi yang kami miliki antara lini bisnis digital dan bisnis FTA kami semakin kuat dan akan meningkatkan efisiensi serta membuka lebih banyak kesempatan untuk jangka panjang. Selain itu, kami juga sangat senang dengan peluncuran game baru kami ‘Fight of Legends‘ dan yakin game ini akan berhasil dengan baik di pasar global,” katanya.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News