Sido Muncul (SIDO) Bukukan Kenaikan Penjualan 10% Jadi Rp3,92 Triliun
1
1

Sido Muncul (SIDO) Bukukan Kenaikan Penjualan 10% Jadi Rp3,92 Triliun

Sido Muncul adalah produsen jamu dan obat herbal modern dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia. | Foto: Tangkapan layar Sido Muncul

Media Asuransi, JAKARTA – PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), produsen jamu terbesar di Indonesia, membukukan penjualan bersih sepanjang 2024 sebesar Rp3,92 triliun, meningkat 10% secara tahunan.

Dikutip dari keterangan resmi perseroan, Jumat, 7 Maret 2025, peningkatan tersebut ditopang oleh kinerja yang kuat di seluruh segmen: Herbal & Suplemen (+6% YoY), Makanan & Minuman (+18% YoY) serta Farmasi (+10% YoY). Margin laba bruto meningkat menjadi 59%, mencerminkan efisiensi operasional, skala ekonomi, dan harga bahan baku segmen makanan & minuman yang lebih rendah.

|Baca juga:Dirut Sido Muncul Kuasai 5,5 Juta Saham Senilai Rp3,18 Miliar

Laba operasi melonjak 24% menjadi Rp1,47 triliun, didorong oleh volume penjualan yang lebih tinggi dan manajemen biaya yang efektif. Laba bersih juga tumbuh 23% menjadi Rp1,17 triliun, dengan margin laba bersih menjadi 30%, mencerminkan efisiensi biaya dan leverage operasional.

Di sisi lain, neraca SIDO tetap kuat, dengan posisi bebas utang dan saldo kas yang sehat sebesar Rp856 miliar, memperkuat ketahanan perusahaan dan mendukung ekspansi di masa depan.

|Baca juga:Kantongi Laba Rp778 Miliar, Sido Muncul (SIDO) Bagi Dividen Interim Rp18 per Saham

Penjualan internasional terus menunjukkan tren positif, berkontribusi 7% dari total pendapatan, dengan pertumbuhan 36% secara tahunan. Ekspansi strategis ke Asia Tenggara dan Afrika semakin memperkuat penetrasi multi-channel, kehadiran merek yang lebih mendalam, dan peningkatan adopsi konsumen.

Kontribusi penjualan internasional SIDO meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak tahun 2020, menunjukkan strategi ekspansi global yang sukses dan berkelanjutan. Inovasi produk tetap menjadi pilar utama pertumbuhan SIDO.

Pada tahun 2024, perusahaan meluncurkan sepuluh produk baru, termasuk Tolak Angin Cair untuk Batuk, berbagai Sido Muncul Natural Supplements, serta varian baru F&B, sesuai dengan tren kesehatan konsumen.

Untuk 2025, SIDO akan memperluas jaringan distribusi, memperkuat penetrasi pasar, dan mempercepat inovasi produk. Perusahaan optimistis mencapai pertumbuhan 10% dalam penjualan dan laba bersih, dengan memanfaatkan ekuitas merek yang kuat, posisi keuangan yang solid, dan komitmen terhadap inovasi.

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Terbitkan Global Bond US$350 Juta, Cikarang Listrindo (POWR) Tetapkan Bunga 5,65%
Next Post Kejagung dan Pertamina Kolaborasi dalam Rangka Bersih-bersih BUMN
toto Malukutoto login toto macau toto 4d ilmu bet slot maxwin MALUKU TOTO situs toto Malukutoto login Maluku toto cancertoto depo 5k ilmu bet slot gacor slot gacor hari ini malukutoto
maluku toto toto Malukutoto Malukutoto CANCER TOTO situs slot cancertoto toto toto toto slot gacor cancertoto
situs toto SLOT GACOR SLOT GACOR HARI INI situs toto
cancer toto malukutoto Maluku toto cancer toto CANCERTOTO ilmubet toto cancertoto maluku toto slot gacor slot gacor cancer toto malukutoto situs depo 5k situs toto cancertoto cancertoto cancertoto toto toto toto 4d 4d 4d
slot gacor slot gacor slot gacor slot slot slot slot gacor hari ini slot gacor hari ini slot gacor hari ini situs slot situs slot situs slot situs slot situs slot situs slot slot slot slot slot gaocr slot gaocr slot gacor

Member Login

or