Media Asuransi, GLOBAL – Pialang menghadapi banyak tantangan industri pada 2024. Di banyak lini asuransi, premi masih meningkat tajam, kapasitas terbatas, dan pertanggungan untuk ancaman besar seperti banjir dan kebakaran bisa jadi tidak tersedia atau tidak terjangkau.
Menurut tiga pemimpin industri asuransi, yakni Tate Harris, Drew Schnehage, dan Mandy Cooper, menunjukkan perbedaan broker dalam hal kerja sama tim dan penggunaan teknologi sebagai tiga cara agar broker asuransi dapat tetap unggul di 2024.
|Baca: 4 Saham Pilihan Hari Ini saat IHSG Rawan Koreksi
Drew Schnehage yang merupakan Direktur Pelaksana Innovation Group di Australia mengatakan perusahaannya mengkhususkan diri dalam administrasi klaim pihak ketiga dan juga merupakan pendukung utama Insurance Business Awards.
Schnehage, yang memiliki pengalaman industri selama tiga dekade, mendorong para pialang untuk mengambil kendali sebanyak mungkin atas penawaran asuransi mereka. Salah satu cara untuk melakukannya, katanya, adalah dengan memanfaatkan teknologi.
“Pialang mengandalkan perusahaan asuransi untuk memberikan solusi kepada mereka. Jadi jika Anda dapat mengendalikan perjalanan Anda sendiri dan memberikan perjalanan digital bagi pelanggan Anda, saya pikir Anda akan menjadi yang terdepan,” kata Schnehage, dikutip dari laman Insurance Business, Kamis 18 Januari 2024.
Berdasarkan tips dari Cooper, Harris, dan Schnehage ini, menurut beberapa laporan industri dan sumber daring, broker dapat menghadapi tantangan di 2024 dengan mengadopsi 10 strategi yakni:
Tetap terinformasi dan adaptif
Secara teratur memantau tren industri, kemajuan teknologi, dan perubahan regulasi, merangkul budaya pembelajaran berkelanjutan, dan mendorong tim Anda untuk meningkatkan keterampilan mereka.
Berinvestasi dalam teknologi
Memanfaatkan teknologi canggih termasuk kecerdasan buatan (AI), analisis data dan otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi dalam underwriting, pemrosesan klaim dan layanan nasabah, menjajaki kemitraan insurtech yang dapat memberikan solusi inovatif untuk merampingkan operasi, dan meningkatkan pengalaman nasabah.
Meningkatkan langkah-langkah keamanan siber
Memprioritaskan keamanan siber untuk melindungi data nasabah yang sensitif dan menjaga kepercayaan, memperbarui protokol keamanan secara berkala, dan berinvestasi dalam teknologi keamanan siber terbaru untuk mengurangi risiko pelanggaran data.
|Baca: Yuk Kenali Manfaat Pajak bagi Masyarakat dan Negara!
Fokus pada pengalaman pelanggan
Memahami dan beradaptasi terhadap perubahan ekspektasi nasabah dengan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan tanpa hambatan, berinvestasi dalam platform digital yang mudah digunakan, dan mempertimbangkan penerapan chatbot atau asisten virtual untuk meningkatkan interaksi nasabah.
Diversifikasi penawaran
Mendiversifikasi penawaran produk untuk memenuhi risiko yang muncul dan kebutuhan nasabah yang berubah, mempertimbangkan perlindungan khusus atau alternatif untuk risiko-risiko yang lebih baru seperti ancaman siber, dan tantangan iklim.
Kepatuhan dan etika
Tetap waspada terhadap perubahan peraturan dan memastikan kepatuhan terhadap hukum dan standar industri yang terus berkembang, mempertahankan standar etika yang tinggi dalam penggunaan data, privasi, dan interaksi dengan nasabah untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan.
Membangun ketahanan terhadap bencana alam
Mengembangkan keahlian dalam menilai dan menjamin risiko yang terkait dengan perubahan iklim dan bencana alam, berkolaborasi dengan para ahli dalam pemodelan risiko, dan mempertimbangkan untuk menawarkan pertanggungan khusus untuk mengatasi tantangan-tantangan ini.
Menekankan edukasi dan komunikasi
Mengedukasi nasabah mengenai risiko-risiko yang muncul, pentingnya pertanggungan tertentu dan manfaat dari strategi manajemen risiko, meningkatkan strategi komunikasi untuk memberikan informasi terkini kepada nasabah mengenai pembaruan kebijakan, perubahan industri, dan strategi mitigasi risiko.
|Baca: Luhut Tegaskan Pemerintah Tak Ikut Campur Tangan di Pemilu 2024
Manajemen talenta strategis
Menarik dan mempertahankan tenaga profesional yang terampil dengan menawarkan kompensasi yang kompetitif, peluang pengembangan profesional dan lingkungan kerja yang positif, menumbuhkan budaya kolaborasi dan inovasi untuk mendorong karyawan agar berkontribusi terhadap pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan.
Membangun jaringan dan berkolaborasi
Memperkuat hubungan dengan perusahaan-perusahaan asuransi, asosiasi industri dan pemangku kepentingan lainnya, berkolaborasi dengan penyedia teknologi untuk meningkatkan penawaran layanan Anda, dan meningkatkan efisiensi operasional.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News