1
1

AIA Bukukan Premi Rp13,61 Triliun di 2021

Media Asuransi, JAKARTA – PT AIA Financial (AIA), perusahaan asuransi jiwa terdepan dan terpercaya di Indonesia membukukan pendapatan premi sebesar Rp13,61 triliun (unaudited) di kuartal IV/2021, meningkat dibanding pendapatan premi 2020 sebesar Rp13,59 triliun. Rasio pencapaian solvabilitas perseroan per Desember 2021 mencapai 645 persen (unaudited) jauh melebihi ketentuan pemerintah sebesar 120 persen.

“Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan AIA untuk memenuhi kewajibannya dalam jangka panjang termasuk membayarkan klaim dan uang pertanggungan (UP) nasabah,” kata Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy, dalam keterangan resmi yang diterima Media Asuransi, Senin, 21 Maret 2022.

Menurut Saintham, pencapaian kinerja perusahaan yang sehat merupakan kerja keras dari seluruh tim di AIA dan kepercayaan nasabah serta mitra. “Apresiasi kami yang setinggi-tingginya karena AIA dapat tetap mewujudkan komitmennya untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik dan menciptakan nilai berkelanjutan jangka panjang bagi para pemangku kepentingan,” katanya.

|Baca juga: AIA dan CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Income Protection

Lebih lanjut dia jelaskan bahwa AIA juga membuktikan komitmennya dalam memproteksi nasabah dengan membayar total klaim dan manfaat. Sepanjang 2021 nilai klaim manfaat asuransi termasuk unitlink mencapai Rp11,5 triliun (unaudited), meningkat 32 persen dari total klaim yang dibayarkan di 2020 sebesar Rp8,7 triliun.

Sementara itu, AIA juga menghasilkan laba operasional sebesar Rp1,0 triliun (unaudited), meningkat dibandingkan tahun 2020. Di sisi neraca, aset AIA di kuartal IV/2021 berada di level yang sama dengan tahun lalu, yakni Rp53 triliun.

Menurut Saintham, sebagai bagian dari komitmen perusahaan di tengah masa pandemi, AIA juga secara responsif meluncurkan berbagai inovasi produk dan layanan yang relevan untuk mendampingi nasabah yang membutuhkan perawatan dan proteksi dari virus Covid-19.

“Untuk tetap mendampingi nasabah di masa pandemi, kami menyediakan program Isolasi Mandiri untuk memastikan nasabah tetap mendapatkan layanan proteksi ketika mereka diharuskan melakukan isolasi mandiri. AIA juga secara proaktif menyediakan asuransi gratis terkait Covid-19 kepada 20.000 masyarakat melalui program AIA Bebas Terlindungi,” jelasnya.

|Baca juga: AIA Siapkan Penyelesaian 80 Nasabah Unitlink Lewat Arbitrase di LAPS SJK

Di awal 2021, AIA juga meluncurkan AIA Vitality, terobosan program health & wellness yang terhubung dengan layanan inti proteksi jiwa AIA sekaligus wujud inovasi dari konsep shared value yang diusung AIA. Program AIA Vitality memberikan berbagai manfaat reward termasuk cashback bagi nasabah yang berkomitmen untuk mewujudkan pola hidup sehat dengan konsep yang menyenangkan: Know Your Health, Improve Your Health, Enjoy The Rewards.

Sepanjang 2021, AIA Vitality telah berhasil meningkatkan engagement nasabah baik dalam hal proteksi sekaligus mengajak nasabah hidup lebih sehat. Hal ini dibuktikan dengan produk-produk AIA yang memiliki opsi fitur AIA Vitality, 33 persen premi produk turut mendukung kinerja positif perusahaan dan hampir mencapai 50 persen pada bulan Desember 2021.

“Seluruh pencapaian positif yang diraih AIA menunjukan kepercayaan nasabah dan mitra, kekuatan jalur distribusi, brand terpercaya, dan kondisi finansial yang sehat untuk memastikan kami siap melayani dan memproteksi nasabah dalam jangka Panjang,” tutur Sainthan.

Sementara itu, AIA Group pada Jumat, 11 Maret 2022, juga mengumumkan kinerja keuangan yang sangat menggembirakan sepanjang tahun 2021 dengan kenaikan value of new business (VONB) yang meningkat sebesar 18 persen dan pertumbuhan di semua metrik keuangan termasuk rekor tertinggi baru untuk embedded value equity sebesar US$75 miliar.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Perkembangan Indikator Stabilitas Nilai Rupiah  
Next Post Indra Baruna Mengundurkan Diri sebagai Presiden Direktur Tugu Insurance (TUGU)

Member Login

or