1
1

Allianz Life dan Allianz Syariah Perkuat Komitmen Lindungi Masyarakat Indonesia

Allianz Indonesia adalah cabang dari Allianz Group, sebuah perusahaan asuransi dan manajemen aset global. | Foto: Allianz

Media Asuransi, JAKARTA – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) melewati tahun 2023 dengan pencapaian positif.  Di dukung oleh penerapan strategi bisnis yang tepat, Allianz Life dan Allianz Syariah membukukan total pendapatan premi dan kontribusi atau Gross Written Premium/GWP gabungan sebesar Rp16,2 triliun, tumbuh 7,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kinerja ini didukung oleh pertumbuhan bisnis dari berbagai kanal distribusi, terutama kanal keagenan dengan kontribusi 55 persen dan kanal bancassurance dengan kontribusi 42 persen.

Dari sisi penjualan premi baru atau Annualized Premium Equivalent/APE gabungan, Allianz Life dan Allianz Syariah membukukan Rp4,2 triliun, meningkat sebesar 11,5 persen secara year-on-year.

|Baca juga: Allianz Life Indonesia Pertahankan Peringkat Tertinggi ‘AAA’ dari Fitch Ratings

Sedangkan dari sisi market share sendiri tumbuh 1,4 persen menjadi sebesar 11,2 persen. Pertumbuhan APE ini melampaui rata-rata industri dan mencerminkan kepercayaan nasabah yang berkelanjutan kepada Allianz untuk memberikan perlindungan asuransi sesuai kebutuhan nasabah.

Allianz Life dan Allianz Syariah memperoleh APE untuk produk asuransi jiwa unitlink sebesar Rp2,7 triliun di tahun 2023, yang berkontribusi sebesar 65% dari total APE perusahaan.

Sedangkan APE untuk produk asuransi jiwa tradisional tercatat sebesar Rp1,5 triliun, meningkat 147 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan bahwa masyarakat semakin memahami karakteristik produk asuransi dan dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Di samping penjualan produk asuransi jiwa tradisional yang terus bertumbuh, minat nasabah Allianz masih tetap tinggi pada produk asuransi jiwa unitlink.

Allianz berkomitmen memberikan perlindungan jangka panjang bagi nasabah dan mengasuransikan lebih banyak masyarakat Indonesia. “Oleh karena itu, kami selalu berfokus pada pemenuhan proteksi yang relevan dengan kebutuhan tiap nasabah. Kami melakukan investasi secara signifikan untuk membangun jalur distribusi dan mengembangkan bisnis,” kata Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Alexander Grenz dalam keterangan resmi, Selasa, 28 Mei 2024.

Di saat yang bersamaan, lanjut Alexander,  Allianz juga terus melakukan inovasi pada portfolio produk dan layanan untuk memberikan perlindungan yang dibutuhkan nasabah, meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan produk Allianz melalui teknologi, serta bertransformasi pada people and culture agar tim kami terus menerapkan customer centricity untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

|Baca juga: Allianz Life Indonesia Siap Kelola Fund di Instrumen Investasi Sesuai Mandat Strategi

Di tahun 2023, Allianz Life mencatatkan total pembayaran klaim sebesar Rp4,3 triliun, meningkat 12% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan pembayaran klaim ini menunjukkan penambahan jumlah nasabah Allianz, serta komitmen Allianz untuk memenuhi perlindungan kepada nasabah dan selalu hadir untuk membantu nasabah di saat yang paling dibutuhkan (moment of truth).

Allianz Life selalu memastikan untuk mempertahankan kekuatan finansial yang dimiliki agar dapat memenuhi setiap kewajibannya. Salah satu indikator kesehatan keuangan perusahaan dapat terlihat dari tingkat RBC perusahaan yang berada pada 288%, jauh di atas ketentuan Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, Allianz Life juga membukukan total aset senilai Rp36,6 triliun dan ekuitas senilai Rp5,8 triliun. Hal ini mencerminkan perusahaan dalam keadaan keuangan yang sehat dan mencukupi jika mengacu pada ketentuan OJK.

Allianz Indonesia meluncurkan secara resmi PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) sebagai entitas terpisah yang memberikan perlindungan asuransi jiwa syariah pada November 2023.

Hal ini menunjukkan bahwa Allianz berkomitmen kuat untuk berinvestasi dan membantu masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam perkembangan industri keuangan syariah.

Sepanjang 2023, Allianz Syariah mengalami pertumbuhan kontribusi bruto sebesar 20 persen menjadi Rp1,6 triliun, dan pertumbuhan APE sebesar 28,3 persen menjadi Rp870 miliar dan  membukukan total aset senilai Rp3,6 triliun dan ekuitas sebesar Rp958 miliar.

|Baca juga: Begini Jurus Allianz Life Indonesia Tumbuhkan Kanal Distribusi Bancassurance

Sesuai prinsip saling tolong-menolong dan berbagi kebaikan sesama peserta, Allianz Syariah telah membayarkan santunan dan manfaat asuransi kepada para peserta sebesar Rp959 miliar, meningkat 21 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

RBC Allianz Syariah tercatat sebesar 2,178% untuk dana perusahaan dan 378% untuk dana Tabarru’. Hal ini mencerminkan dana Tabarru’ yang dikelola oleh Allianz Syariah berada dalam kondisi sangat sehat.

“Kami bersyukur atas pencapaian Allianz Syariah yang positif dan berterima kasih kepada para nasabah yang telah mempercayakan perlindungan asuransinya kepada Allianz. Kami terus fokus pada tujuan kami menyediakan perlindungan kelas dunia dengan nilai-nilai kebaikan syariah di dalamnya untuk menjangkau semua lapisan masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa strategi yang kami lakukan ini akan berbanding lurus dengan kinerja perusahaan yang optimal. Dengan demikian, kami juga terus berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di tanah air,” papar Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia Achmad K. Permana,.

Allianz Syariah juga berkomitmen untuk menyediakan solusi keuangan yang inklusif, yang mengedepankan nilai-nilai yang dijunjung Allianz Syariah yaitu Universal, Trustworthy, Security, Fairness, dan Collaborative.

Untuk memenuhi perlindungan asuransi jiwa, baik konvensional maupun syariah, yang dibutuhkan oleh masyarakat, di tahun 2023 Allianz Life dan Allianz Syariah meluncurkan beberapa produk andalan.

Allianz Life dan Allianz Syariah berkomitmen untuk mengasuransikan lebih banyak masyarakat Indonesia, serta berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih baik. Sebagai wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi masyarakat, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP) telah melaksanakan berbagai program yang dijalankan dalam empat pilar

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Ramai soal Kewajiban Iuran Tapera bagi Karyawan, Ini Respons BP Tapera
Next Post Swiss Re Ramal Normalisasi di AS Terus Berlanjut

Member Login

or