Media Asuransi – Sebagai perusahaan asuransi umum patungan (joint venture) yang didirikan pada tahun 1989, Allianz Utama Indonesia terus berinovasi dengan mengembangkan terobosan-terobosan baru bagi nasabah. Terobosan baru tersebut antara lain Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan.
Allianz Indonesia Maksimalkan Penggunaan Artificial Intelligence Demi Percepat Proses Klaim Nasabah
Nasabah yang menggunakan Portal Klaim Digital dapat merasakan berbagai kemudahan, yaitu Proses pengajuan klaim lebih mudah, dengan cukup melengkapi formulir elektronik dan mengunggah foto serta dokumen pendukung yang disyaratkan. Selain itu, pengajuan ditangani langsung oleh Claim Handler yang berpengalaman, serta status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim.
Layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang diterapkan perusahaan selama ini, mendapatkan rating ‘sangat puas’ dari nasabah. Rating tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama terutama dari sisi kemudahan pengajuan klaim, pelayanan staf terhadap nasabah, kemudahan dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan yang secara keseluruhan mendapatkan rating 4,7 dari total 5 poin.
Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti. Layanan ini mampu menjangkau nasabah di wilayah yang lebih luas dan jauh, dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Terutama di saat masih harus menerapkan physical distancing, karena nasabah atau mitra bisnis tidak perlu bertemu secara langsung dengan surveyor Allianz. Selain itu, nasabah juga dapat merasakan proses klaim dan penutupan secara lebih efektif dan efisien.
Dalam memberikan pelayanan proteksi yang komprehensif kepada sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, Allianz Utama Hadir di seluruh negeri dengan 5 kantor cabang dan 7 kantor pemasaran di seluruh Indonesia, mulai dari pulau Jawa, Sumatra, Bali, hingga Sulawesi. Perusahaan Menawarkan solusi asuransi umum lengkap, meliputi asuransi kendaraan, properti, perjalanan, pengiriman, tanggung jawab pihak ketiga, dan asuransi aneka. Proteksi ini, bahkan ditawarkan kepada para pelanggan dari industri atau perusahaan, UKM, dan ritel. Hingga saat ini, Allianz Utama Dipercaya lebih dari 155 ribu pelanggan.
Untuk dapat menjangkau pelanggan lebih luas lagi, Allianz Utama senantiasa menjalin kemitraan kuat dengan banyak perusahaan terkemuka, perbankan, perusahaan pialang, lebih dari 250 dealer mobil, dan bengkel, bahkan dengan Garuda Indonesia, Gojek, Home Credit, JD.ID. Selain itu, chanel distribusi perusahaan juga didukung oleh lebih dari 6.000 agen bersertifikat AAUI.
Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing di masa pandemi, memang menjadi tantangan tersendiri, namun tidak menghalangi Allianz untuk membantu masyarakat mendapatkan proteksi dan layanan asuransi yang dibutuhkan. Untuk itu pada tahun 2020 ini, perusahaan telah berkolaborasi dengan PasarPolis menyediakan kemudahan pilihan berasuransi melalui aplikasi Gojek. Kerja sama ini menghadirkan produk Perlindungan Mobil dan Asuransi Layar Ponsel pada layanan GoSure di aplikasi Gojek, yang mana preminya dapat dibayarkan dengan mudah menggunakan GoPay.
Selain itu, Allianz Utama juga bekerjasama dengan JD.ID untuk memberikan perlindungan komprehensif terhadap barang-barang elektronik seperti alat-alat rumah tangga, smartphone, atau tablet, yang dibeli melalui situs JD.ID. Kerja sama ini menghadirkan produk Comprehensive General Liability Insurance yang memberikan manfaat Extended Warranty yaitu penjaminan perpanjangan masa garansi selama 2 tahun setelah masa garansi standar untuk peralatan elektronik rumah tangga berakhir, serta Return Shipment, yaitu menjamin biaya tambahan atas pengiriman produk pesanan yang dikembalikan.
Untuk menikmati layanan proteksi ini, pelanggan hanya perlu membayarkan biaya sebesar Rp2.000 (flat price) per item produk pesanan, untuk kemudian mendapatkan jaminan biaya hingga Rp250.000 per produk pesanan yang dikembalikan (limit maksimum), dalam bentuk reimbursement.
Hasil dari dedikasi maksimal dalam memberikan pelayanan proteksi kepada masyarakat, sepanjang tahun 2020, Allianz Utama diganjar dengan beberapa penghargaan. Diantaranya, Infobank-9th Digital Brand Awards sebagai1st Rank Asuransi Umum Konvensional, Iconomics-Most Innovative Insurance Companies Award 2020 sebagai The Most Innovative Insurance Companies in Indonesia (2020), serta Thinknovatecomm – The 2nd Indonesia Innovative Insurance Award 2020 sebagai Top 7 best financial performance insurance companies with assets between IDR 2-10 trillion.
Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Peter van Zyl mengatakan, untuk mengikuti perkembangan tren digital yang terus bergerak dinamis, Allianz Utama ingin terus menggali potensi perusahaan untuk memperluas segmen pasar asuransi umum. Setelah bertransformasi dalam optimalisasi digital untuk produk, layanan, dan proses bisnis, Allianz Utama Indonesia juga bekerjasama dengan beberapa mitra bisnis untuk memberikan perlindungan yang lebih lengkap lagi kepada nasabah sesuai kebutuhan.
“Selama 31 tahun hadir di Indonesia, Allianz Utama hadir untuk memberikan ketenangan pikiran kepada nasabah, tidak hanya pada bisnis komersial, namun juga pengembangan bisnis retail untuk perlindungan yang menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” ungkap Peter van Zyl pada Media Asuransi belum lama ini. Fir
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News