1
1

AM Best: Inovasi Asuransi Masih Mendapatkan Skor Rendah Meskipun Terdapat Perbaikan

ilustrasi inovasi dalam asuransi | Foto: freepik.com

Media Asuransi, GLOBAL – Dalam laporan AM Best, inovasi dalam asuransi masih merupakan “ad hoc endeavour”, dan sebagian besar perusahaan asuransi terus mendapat skor di ujung bawah meskipun ada perbaikan.

AM Best menemukan sebagian besar perusahaan asuransi masih kekurangan proses inovasi yang dapat ditiru.

“Lebih dari tiga perempat perusahaan asuransi yang diberi skor di ujung bawah dalam kategori itu,- bahkan setelah pandemi Covid-19 menyoroti perbedaan besar antara proses dan struktur inovasi yang mulus dan terencana dengan baik di satu sisi, dan upaya inovasi yang terputus-putus di sisi lain,” tulis AM Best dikutip dalam laporan resminya, Selasa, 18 April 2023

Inisiatif inovasi terbaik yang ditemukan AM telah dipercepat tetapi mengatakan apakah mereka akan menghasilkan hasil yang berkelanjutan dalam jangka panjang masih harus dilihat.

|Baca juga: AM Best Afirmasi Peringkat Tugu Insurance Company Limited B+/bbb- Stabil

“Telah terjadi peningkatan. Kepemimpinan di lebih banyak perusahaan mampu… mengembangkan strategi inovasi yang lebih komprehensif namun terfokus,” kata laporan penilaian inovasi ketiganya. “Banyak perusahaan memandang tata kelola dan manajemen data sebagai satu kesatuan,” tambahnya.

Contoh inovasi yang memajukan industri asuransi adalah memaksimalkan kualitas data untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas, dan tim kepemimpinan memahami peran penting dari peningkatan sistem dan infrastruktur TI.

Hanya sekitar 6% perusahaan asuransi yang memperoleh dua skor tertinggi untuk Level of Transformation, dengan 94% hanya mencetak 1 atau 2 untuk inisiatif yang menciptakan nilai, meningkatkan keterlibatan dan pengalaman pelanggan, menghasilkan model bisnis yang unggul, atau secara signifikan meningkatkan peluang pertumbuhan.

“Sebagian besar perusahaan mendapat nilai paling bawah dari kategori ini. Perusahaan asuransi yang lebih inovatif berada dalam posisi untuk memanfaatkan kemampuan mereka dan memanfaatkan penawaran solusi untuk organisasi yang belum berkembang secara signifikan,” tulisnya.

|Baca juga: AM Best Pertahankan Prospek Negatif untuk Asuransi Umum di Inggris

Hanya ada pergeseran marjinal dibandingkan dua tahun lalu di perusahaan asuransi yang mempercepat transisi ke teknologi digital dan mengintensifkan fokus mereka pada inovasi produk dan modifikasi bahasa kebijakan.

Skor kepemimpinan lebih kuat, dan AM Best mengamati visi yang lebih jelas, lebih banyak posisi chief innovation officer dan diskusi yang sering dilakukan di rapat dewan, dan penekanan yang lebih besar pada inovasi di seluruh perusahaan asuransi.

“Peningkatan sistem dan teknologi telah membantu mendorong skor yang lebih menguntungkan. Anggaran dan sumber daya personel juga telah meningkat. Semakin banyak perusahaan fokus pada kualitas data untuk membantu meningkatkan efisiensi dan profitabilitas, dan tim kepemimpinan memahami bahwa peningkatan sistem dan infrastruktur TI sangat penting,” katanya.

AM Best mengatakan lebih banyak perusahaan asuransi menerapkan pelatihan, berinvestasi atau bermitra dengan teknologi, fintech, dan perusahaan rintisan asuransi, sementara yang lain melibatkan konsultan eksternal untuk meningkatkan sistem manajemen risiko dalam penjaminan emisi, kredit, reputasi, operasi, dan likuiditas.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post AAJI Catat Kinerja Asuransi Jiwa Tertekan sepanjang 2022
Next Post Rudy Kamdani Nakhoda Baru Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia

Member Login

or