Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM, membukukan peningkatan kinerja keuangan yang lebih lanjut dan positif. Per tanggal 30 Juni 2023, Amar Bank melaporkan laba bersih sebesar Rp85,04 miliar, jauh membaik dibandingkan kerugian yang dibukukan pada tahun 2022.
Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian, mengatakan bahwa komitmen kuat untuk mengembangkan bisnis ini diharapkan dapat memperkuat kinerja positif perseroan. Selain itu Amar Bank diharapkan dapat mempertahankan profitabilitas yang berkelanjutan, serta meningkatkan dampak sosial yang positif bagi masyarakat.
Vishal menyatakan bahwa pada kuartal II/2023, Amar Bank mencatat peningkatan total aset sebesar 22,55 persen year on year (yoy), didukung oleh pencapaian total kredit sebesar Rp2,05 triliun. “Pencapaian tersebut merupakan hasil kontribusi Tunaiku sebagai platform pinjaman digital Amar Bank yang menyalurkan pinjaman kepada individu maupun UMKM, serta pertumbuhan dalam penyaluran kredit komersial dan korporasi,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa, 8 Agustus 2023.
|Baca juga: Amar Bank Jalin Kerja Sama Repo dengan 28 Bank
Lebih lanjut dia jelaskan bahwa Amar Bank berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan kredit dengan mengembangkan kolaborasi antara Amar Bank dan platform digital. “Tujuannya untuk memperluas akses dan mendorong penyaluran kredit bagi mereka yang masih memiliki akses terbatas ke layanan keuangan,” tutur Vishal.
Sementara itu, Senior Vice President Finance Amar Bank, David Wirawan, menambahkan bahwa perseroan konsisten menjaga efektivitas penyaluran kredit dan pengelolaan aset produktif secara prudent. Hal itu tecermin dari rasio non performing loan (NPL) sebesar 1,84 persen. Selain itu, rasio BOPO juga mengalami tren penurunan, mencapai 85,82 persen dibandingkan dengan angka sebelumnya yaitu 121,20 persen pada Juni 2022.
“Kinerja positif pada kuartal kedua ini membuktikan komitmen Amar Bank yang terus mempertahankan profitabilitas dan semangat dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis sepanjang tahun 2023,” kata David.
Dijelaskan bahwa Amar Bank akan terus berkomitmen untuk mempertahankan kinerja positifnya dengan menyediakan layanan keuangan digital yang inovatif guna meningkatkan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, terutama individu dan UMKM yang masih memiliki keterbatasan akses terhadap layanan keuangan.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News