PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) merasa perlu melakukan transformasi di segala lini, salah satunya transformasi merek (rebranding) yang merupakan salah satu langkah strategis untuk memberikan semangat perubahan sekaligus memperkuat kinerja bisnis perseroan. “Dunia berubah begitu cepat. Kami pun harus berubah ke arah yang lebih baik dengan penuh rasa optimisme yang tinggi,” ujar Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna pada acara peluncuran logo baru Tugu Insurance di Jakarta, 28 Juni 2018.
Indra menjelaskan, peluncuran logo baru ini merupakan bagian dari program transformasi perseroan sebagai spirit baru untuk meningkatkan performa dan memberikan benefit bagi stakeholders. “Dengan semangat ‘Reaching New Heights’, Tugu Insurance terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan calon pelanggan. Pengalaman hampir 37 tahun telah memacu kami untuk meningkatkan kinerja di segala bidang, dan harus berani hadir memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang jauh lebih luas lagi,” ujarnya.
Ditambahkan, meski melakukan perubahan logo, Tugu Insurance tetap menjalankan budaya 6C, yaituCustomer Focus, Committed, Clean, Capable, Collaborative, dan Creative. Dengan demikian, perseroan berkeyakinan akan mampu menghadapi segala tantangan dan meminimalkan risiko ke depan. “Transformasi ini akan meningkatkan kemampuan insan Tugu Insurance yang memungkinkan mereka mencari peluang, perbaikan, dan terobosan. Pada akhirnya, Tugu Insurance akan menggapai posisi yang lebih tinggi,” tandas Indra.
Logo baru Tugu Insurance terdiri atas sebuah merek yaitu ‘Tugu Insurance’ berwarna biru tua, serta tiga buah anak tangga dengan tiga warna berbeda. Nama ‘Tugu Insurance’ adalah merek dagang dari PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk, sekaligus melambangkan semangat baru perseroan. Warna biru tua melambangkan stabilitas dan kualitas. Ini dimaksudkan agar perseroan dapat menyediakan produk yang stabil dan berkualitas kepada pelanggan, sehingga mampu memberikan proteksi yang maksimal terhadap kemungkinan timbulnya risiko bagi pelanggan.Tiga buah anak tangga memiliki makna filosofis berupa langkah menuju level yang lebih tinggi, atau lompatan jauh ke depan. Adapun tiga warna anak tangga tadi, yaitu merah, biru, dan hijau merupakan warna korporat (corporate colour) dari PT Pertamina (Persero) selaku induk usaha Tugu Insurance.
Anggota Dewan Komisioner Otoritas jasa Keuangan (OJK) sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Riswinandi saat memberikan sambutan mengatakan bahwa dia melihat pilihanfont dari logo baru Tugu Insurance adalah font rendah. “Mudah-mudahan ini menandakan Tugu Insurance tetap low profile, namun dengan target yang tinggi,” katanya. Dia juga berharap nantinya Tugu Insurance tetap memberikan layanan kepada nasabah dengan proses yang cepat, mengedepankan operasional yang prudent, dan tetap mengutamakan proteksi kepada nasabah.
Sementara itu Indra Baruna menambahkan bahwa hingga saat ini masih menjadi satu-satunya perusahaan asuransi nasional yang berhasil meraih predikat international rating ‘A-‘ dari AMBest. “Tugu Insurance harus menjadi merek yang tangguh dalam menghadapi tantangan kini dan akan datang. Brand transformation yang kami lakukan merupakan keputusan holistik dan strategis dalam menjaga merek. Transformasi ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan benefit bagi stakeholders,” ujarnya. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News