1
1

AXA Financial Indonesia Bukukan Kinerja Keuangan yang Solid di 2020

Media Asuransi – PT AXA Financial Indonesia (AFI) mencatat keberhasilan kinerja keuangan yang kuat sepanjang tahun 2020, berkat ketangguhan dan kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan cara baru dalam memenuhi kebutuhan tenaga pemasar, nasabah, dan karyawan.

“AXA Financial Indonesia tetap membukukan hasil kinerja yang kuat di tahun 2020 meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Kinerja keuangan diperkuat dengan implementasi strategi perusahaan yang fokus pada transformasi untuk memperkuat proposisi, dukungan dan layanan bagi nasabah, tenaga pemasar, dan mitra bisnis kami. Salah satunya dengan meningkatkan layanan nasabah melalui peningkatan digitalisasi sistem operasional,” ujar Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, Niharika Yadav, dalam jumpa pers secara daring, Kamis, 6 Mei 2021.

Baca juga: AXA Financial Indonesia Perkuat Asuransi Syariah dengan Tambahan Fitur Wakaf

Niharika menjelaskan, di tengah berbagai tantangan terkait pandemic Covid-19 dan ketidakpastian situasi ekonomi yang terjadi pada tahun 2020, AXA Financial Indonesia tetap menunjukkan neraca yang kuat dengan mencatat peningkatan total aset sebesar 3 persen. Perseroan mempertahankan posisi RBC sebesar 282 persen pada bisnis asuransi jiwa konvensional dan 10.704 persen untuk unit usaha syariah, di atas ketentuan rasio solvabilitas minimum OJK sebesar 120 persen.

Pada tahun 2020 AXA Financial Indonesia membukukan total pendapatan premi sebesar Rp1, 31 triliun. Di tahun lalu, perseroan berhasil membukukan laba bersih setelah pajak perusahaan sebesar Rp71,8 miliar termasuk hasil dari pendapatan investasi dan cadangan teknis yang kuat. “Kinerja positif tersebut terutama didukung oleh keberhasilan perusahaan dalam mengelola biaya operasional yang lebih efisien dan optimal sejalan dengan adaptasi perusahaan dalam situasi pandemi Covid-19,” jelas Niharika.

Untuk unit bisnis syariah, perusahaan mampu mempertahankan kestabilan laba bersih setelah pajak sebesar Rp12miliar. Untuk memperkuat bisnis syariah, pada tahun 2020 AXA Financial Indonesia mengoptimalkan produk asuransi syariah dengan fitur wakaf yang sudah dicanangkan sejak 2019 dan bekerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan Kalisa IPB sebagai mitra penggerak dan penyalur wakaf.

Baca juga: AXA Financial Gandeng GIZ dan Inkopdit Sediakan Asuransi Mikro

Presiden Direktur AXA Financial Indonesia ini juga menuturkan bahwa di tahun 2020 perseroan telah membayarkan total klaim sebesar Rp327,9 miliar termasuk Rp14,8 miliar terkait Covid-19 sebagai komitmen perusahaan untuk memberikan proteksi kepada nasabah, terlebih di tengah situasi pandemi.

“Posisi keuangan AXA Financial Indonesia yang solid di tahun 2020 yang penuh tantangan menunjukkan ketangguhan perusahaan dalam memastikan pertumbuhan dan kemajuan perusahaan di masa depan,” tambah Chief Financial Officer AXA Financial Indonesia, Bukit Rahardjo, dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: AXA Financial Indonesia Luncurkan Maestro Infinite Protection

Sepanjang tahun 2020, AXA Financial Indonesia tetap mengoptimalkan kelanjutan implementasi transformasi bisnis, salah satunya dalam meningkatkan profesionalitas tenaga pemasar. “Meskipun di masa yang penuh tantangan ini, kami tetap berupaya untuk meningkatkan kapabilitas dan penggunaan digital sales tools agar dapat membantu produktivitas dan mengembangkan bisnis tenaga pemasar. Seluruh aktivitas keagenan kami lakukan secara digital, seperti pelatihan agen, rekrutmen agen baru, serta sosialisasi produk dan layanan perusahaan,” jelas, Direktur AXA Financial Indonesia, Cicilia Nina.

Sebagai bukti komitmen perusahaan untuk hadir sebagai mitra bagi nasabah, AXA Financial Indonesia juga melakukan berbagai inisiatif bagi nasabah, seperti memberikan manfaat lebih pada produk asuransi, serta memberikan kemudahan layanan bagi nasabah terinfeksi Covid-19. Selain itu, AXA Financial Indonesia berkolaborasi dengan berbagai mitra layanan kesehatan digital untuk menyediakan layanan telekonsultasi dengan dokter umum dan psikolog bagi nasabah.

AXA Financial Indonesia juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis seperti Good Doctor, Shell, NFRDS, Inkopdit, Gigacover, Qoala, We+ dan CekAja untuk memperluas akses bagi masyarakat dalam mendapatkan solusi perlindungan.

Selama masa pandemi Covid-19, perusahaan tetap aktif untuk melakukan pengenalan dan literasi keuangan dan asuransi sebagai tanggung jawab perusahaan, dalam meningkatkan pemahaman asuransi yang dapat mendongkrak penetrasi asuransi di Indonesia. Pada tahun 2020 lebih dari 60 kegiatan literasi dan inklusi keuangan yang diselenggarakan oleh perusahaan dengan keikutsertaan lebih dari 6.000 peserta sosialisasi yang telah menerima edukasi baik mengenai asuransi konvensional maupun syariah.

“Terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan kepercayaannya kepada AXA Financial Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus memperkuat posisi perusahaan dalam memberikan solusi perlindungan dan sebagai mitra pilihan seluruh karyawan, tenaga pemasar, mitra bisnis, dan nasabah. ” tutur Niharika Yadav. Edi

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Jababeka Tbk (KIJA) Tekan Rugi Bersih Sebesar 89,27 persen di Kuartal I/2021
Next Post Bank BSI Catat Laba Rp 742 Miliar di Kuartal I/2021

Member Login

or