PT Bank Central Asia (BCA) bekerja sama dengan JCB Internasional Indonesia, anak perusahaan JDB International Co Ltd, meluncurkan Kartu Kredit BCA-JCB Black. Kartu kredit ini ditujukan untuk menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah yang suka bepergian (travelling) dan berbelanja baik di Indonesia maupun di luar negeri, terutama ke Jepang. Peluncuran Kartu Kredit BCA-JCB Black dilakukan di Jakarta, 11 November 2019, oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan President & Chief Operating Officer JCB International Kimihisa Imada, serta dihadiri Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi dan manajemen kedua perusahaan termasuk Direktur BCA Santoso dan EVP Transaction Banking Business Development BCA Jan Hendra.
Jahja Setiaatmadja saat memberikan sambutan mengatakan bahwa jumlah orang Indonesia yang melancong ke Jepang terus meningkat setiap tahun. Berdasar data dari Japan National Tourism Organization, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang terus mengalami kenaikan. Pada 2017 terdapat 356 ribu wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang, naik sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Di musim semi 2018, saat bunga-bunga Sakura bermekaran, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang mencapai lebih dari 43 ribu orang per bulan. “Sekarang banyak masyarakat Indonesia yang berlibur ke Jepang, bahkan mencapai 400 ribu orang per tahun. Dulu banyak masyarakat banyak yang berlibur ke Singapura dan Hongkong, kini banyak juga yang ke Jepeng. Mungkin karena makanannya banyak yang enak-enak dan cocok bagi masyarakat Indonesia,” katanya.
Lebih lanjut dituturkan bahwa Kartu Kredit BCA-JCB Black ini diluncurkan untuk mengakomodasi kebutuhan nasabah yang memudahkan mereka untuk melakukan transaksi, perjalanan, dan pembelian produk di merchant–merchant domestik dan di luar negeri. “Target pemegang Kartu Kredit BCA-JCB Black ini adalah segmen affluent, khususnya individu atau keluarga yang gemar travelling dan berbelanja di luar negeri,” tandas Jahja.
Sementara itu Direktur BCA Santoso mengatakan bahwa saat ini kartu kredit BCA mencapai 3,9 juta kartu. Dari jumlah tersebut sekitar 15 persen kartu kredit BCA sudah digunakan di luar negeri. “Berdasar data base kami, total kartu kredit BCA mencapai 3,9 juta kartu, dari jumlah itu 15 persen sudah digunakan di luar negeri,” tuturnya. Menurut data tersebut, masyarakat Indonesia yang berkunjung ke luar negeri paling banyak ke Singapura, Amerika Serikat, dan Jepang.
Dia jelaskan, peningkatan jumlah orang Indonesia yang berkunjung ke Jepang tahun 2017-2018 antara lain disebabkan kemudahan dalam pengurusan visa on the arrival. Namun pada tahun 2019 ini diperkirakan ada penurunan jumlah wisatawan dari Indonesia ke Jepang, karena ada krisis keuangan kecil. Tahun 2020 memdatang jumlahnya diperkirakan akan kembali naik. “Kami optimistis minat wisatawan Indonesia ke Jepang masih tinggi, tahun 2020 diperkirakan jumlahnya akan meningkat 25 persen,” kata Santoso.
Seiring peningkatan jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang di tahun depan, maka pihaknya optimistis target pemegang Kartu Kredit BCA-JCB Black di tahun pertama yang mencapai 25 ribu unit, akan tercapai. Terlebih lagi pemegang Kartu Kredit BCA-JCB Black juga mendapatkan berbagai manfaat dan variasi layanan global yang berlaku pada kartu JCB domestik dan internasional, antara lain fasilitas airport lounge eksklusif gratis di Jepang, China, Hong Kong, Singapura, Korea, dan Thailand. Selain itu, nasabah juga dapat menikmati JCB Plaza Lounge pada beberapa tujuan destinasi dan penerbangan kelas dunia seperti di Tokyo, Paris, Honolulu, Hong Kong, Guam, dan Singapura.
Manfaat yang tidak kalah menarik lainnya ialah potongan harga pada berbagai merchant pilihan dan tempat makan domestik dan internasional yang bekerja sama dengan JCB. Kartu Kredit BCA-JCB Black juga memiliki penawaran eksklusif untuk nasabah BCA, antara lain double reward pada transaksi retail dan competitive forex rate bagi nasabah yang akan berpergian ke Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Selain itu, untuk transaksi internasional terdapat program cicilan nol persen sampai 12 bulan dengan minimum transaksi sebesar Rp3 juta.
Mengingat aneka manfaat yang dapat dinikmati pemilik kartu ini, Jahja Setiaatmadja menyatakan bahwa kerja sama BCA dan JCB ini merupakan langkah strategis untuk melengkapi pengalaman perjalanan nasabah BCA dan mempermudah proses transaksi bisnis nasabah secara efektif dan efisien. “Oleh karena itu, Kartu Kredit BCA-JCB Black diharapkan dapat mengoptimalkan nilai tambah yang dapat dinikmati nasabah BCA,” katanya. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News