1
1

Chubb Rampungkan Akuisisi Bisnis Cigna di Asia Pasifik, Termasuk Indonesia

Media Asuransi, JAKARTA – Chubb Limited telah menyelesaikan akuisisi bisnis asuransi Cigna di enam pasar Asia Pasifik yang meliputi bisnis asuransi kecelakaan diri, kesehatan tambahan, dan asuransi jiwa. 

Dikutip dari keterangan resmi Chubb, Senin 4 Juli 2022, Chubb membayar US$5,36 miliar untuk operasinya, yang mencakup bisnis kecelakaan dan kesehatan (A&H) Cigna dan lini jiwa di Korea, Taiwan, Selandia Baru, Thailand, Hong Kong, dan Indonesia. 

Sementara itu, pengurangan harga pembelian akhir dari pengumuman awal mencerminkan dampak kenaikan suku bunga dan nilai tukar mata uang asing terhadap nilai buku yang diperoleh dan penyesuaian kecil lainnya. 

|Baca juga: Chubb Rampungkan Akuisisi Bisnis Dual Asia

Akuisisi strategis yang saling melengkapi ini memajukan Chubb dengan memperluas kehadirannya di kawasan Asia Pasifik, area pertumbuhan jangka panjang bagi perusahaan. Dengan penambahan bisnis Cigna, pangsa Asia Pasifik dalam portofolio global Chubb akan tumbuh menjadi sekitar US$7 miliar dalam bentuk premi dari US$4 miliar, mewakili sekitar 18% dari total premi perusahaan, dengan sekitar 95% dari bisnis yang diakuisisi berkontribusi pada Asuransi Jiwa Chubb segmen dan sisanya untuk segmen Overseas General Insurance. 

Kinerja A&H global perusahaan akan bertambah besar menjadi sekitar US$6 miliar dalam bentuk premi, naik dari US$3,7 miliar, sementara segmen asuransi jiwa perusahaan menjadi bisnis US$5,4 miliar .

“Bisnis Cigna, yang sekitar 80% A&H, menambah signifikan bisnis kami di Asia,” kata Evan G. Greenberg, Chairman dan CEO Chubb. 

Dia menjelaskan, kawasan Asia-Pasifik menawarkan potensi besar untuk pertumbuhan jangka panjang dan penciptaan kekayaan. Bisnis Cigna memiliki margin underwriting yang menguntungkan, menghasilkan pendapatan berkualitas tinggi, dan tidak terkena siklus P&C.

Menurutnya, Chubb memiliki posisi yang sangat baik untuk memanfaatkan pasar dan peluang produk, termasuk penjualan silang produk non-jiwa Chubb kepada pelanggan seumur hidup, dengan merek yang kuat, teknologi, dan keterampilan pemasaran langsung serta kemitraan yang saling melengkapi.

|Baca juga: Chubb dan JA Assure Luncurkan Platform Asuransi Siber Online untuk UKM di Asia

“Pada saat yang sama, saya juga senang menyambut hampir 3.000 rekan baru di Chubb. Bersama-sama, kepemimpinan dan profesional berbakat dari Chubb dan Cigna akan memungkinkan kami untuk memberikan nilai yang lebih besar kepada pelanggan, mitra distribusi, dan pemegang saham kami.”

Perencanaan integrasi telah aktif dilakukan sejak transaksi diumumkan Oktober 2021. Di Korea, bisnis ini akan terus beroperasi dengan nama LINA, tetapi dengan tampilan baru yang selaras dengan merek Chubb. Di pasar lain, bisnis akan diganti namanya menjadi Chubb seiring dengan kemajuan integrasi dan entitas operasi digabungkan.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Inflasi dan Perubahan Iklim Picu Kenaikan Premi Asuransi di AS
Next Post Fitch Downgrade Peringkat Angkasa Pura I Jadi AA- Stabil

Member Login

or