Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Pada kuartal I/2024, 94 persen dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (ATM), dan OCTO Pay (e-money).
Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, mengatakan bahwa OCTO Mobile memimpin inisiatif digitalisasi, dengan menyajikan beragam kenyamanan perbankan dan kemampuan dalam menunjang transaksi, seperti BI-FAST dan Scan QRIS.
Selain itu, OCTO Mobile juga menyediakan akses lengkap terhadap produk-produk wealth management, termasuk reksa dana dan obligasi (primer dan sekunder), serta deposito berjangka dengan imbal hasil yang kompetitif.
“Untuk menjawab permintaan yang terus meningkat dari industri travel yang sedang booming, OCTO Mobile kini mendukung pembukaan rekening digital dalam 14 mata uang asing,” kata Lani dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu, 1 Mei 2024.
|Baca juga: CIMB Niaga Bukukan Laba Rp2,2 Triliun
Menurut dia, selain nilai tukar yang kompetitif, nasabah juga dapat menggunakan rekening tersebut sebagai sumber dana untuk bertransaksi di luar negeri hanya dengan menggunakan kartu debit CIMB Niaga miliknya. OCTO Mobile juga menawarkan fitur pinjaman lengkap mulai dari kartu kredit, aplikasi untuk personal loan bagi nasabah terundang, hingga mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan tetap. Per 31 Maret 2024, OCTO Mobile melayani hampir 3,2 juta pengguna.
Sementara itu, OCTO Clicks sebagai internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-Up. Per 31 Maret 2024, OCTO Clicks melayani hampir 1,9 juta pengguna.
Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 407 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge). Per 31 Maret 2024, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung oleh 3.844 ATM, termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine dan 670.441 EDC, QR dan e-Commerce.
Lani menuturkan bahwa CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model terbaru kantor cabang berkonsep hybrid yaitu Digital Branch, yang memadukan konsep Cabang Konvensional dan Digital Lounge. “Konsep ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga,” katanya.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News