Media Asuransi, JAKARTA –. Digitalisasi diyakini menjadi salah satu kunci bagi industri perbankan agar terus tumbuh secara berkelanjutan, baik di masa kini maupun masa depan. Pasalnya, sebagian besar nasabah yang kini telah terbiasa menggunakan beragam platform berbasis digital, akan terus bergantung kepada layanan tersebut, meskipun kelak pandemi Covid-19 telah berakhir.
“Karena itu, tidak ada pilihan lain bagi perbankan selain terus berinovasi dan mendigitalisasi proses bisnisnya, sehingga tetap relevan dengan kebutuhan nasabah di era digital,” kata Head of Digital Banking, Branchless, and Partnership PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), Bambang Karsono Adi, dalam keterangan resmi, Rabu, 27 Oktober 2021.
Menurut dia, tren digitalisasi bukanlah hal baru bagi sebagian perbankan yang telah melakukan transformasi digital jauh sebelum pandemi. Salah satunya CIMB Niaga yang menjadikan digitalisasi sebagai elemen integral dari 5 pilar strategi utama perusahaan, bersama empat pilar lainnya yaitu fokus pada keahlian utama, peningkatan CASA, disiplin dalam pengelolaan biaya, serta penjagaan modal dan keseimbangan budaya risiko.
“Sebagai bagian dari strategi utama, digitalisasi diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan bisnis yang bisa diandalkan,” kata Bambang. Dia tambahkan, CIMB Niaga akan terus meningkatkan customer experience melalui layanan perbankan digital yang komprehensif. Pada saat yang sama, secara internal, perseroan juga mendigitalisasi tools untuk mempercepat proses internal serta mempermudah relationship manager dalam memberikan layanan yang baik kepada nasabah.
Selain itu, lanjut Bambang, CIMB Niaga juga melakukan upaya digitalisasi melalui pengembangan application programming interface (API) Open Banking yang memungkinkan kolaborasi dengan para pemain di ekosistem digital seperti financial technology, e-commerce, travel, dan beragam layanan finansial lainnya.
Berbagai kemajuan teknologi digital terkini juga dimanfaatkan CIMB Niaga untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat berbasis data analytics. Mulai dari optimalisasi pemanfaatan big data hingga penggunaan metode artificial intelligence (AI), machine learning, dan deep learning. Selain untuk pengambilan keputusan, data analytics juga berguna dalam mendukung proses bisnis yang efisien dan efektif di berbagai bidang.
Bambang menjelaskan bahwa implementasi strategi digitalisasi di CIMB Niaga dapat berjalan efektif karena dikelola oleh talenta-talenta unggulan. Bahkan, beberapa inovasi pengembangan aplikasi digital dilakukan secara internal dengan agile process. “Selain itu, proses digitalisasi juga ditopang dengan infrastruktur teknologi informasi yang canggih dan sistem keamanan berlapis yang kuat, sehingga dapat mendukung transformasi digital secara berkelanjutan,” ungkapnya.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News