Media Asuransi, JAKARTA – Sepanjang bulan Ramadan di tahun 2022, ekosistem digital PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mulai dari layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology mencatatkan lonjakan transaksi.
Chief of Corporate Affairs GoTo, Nila Marita, mengatakan bahwa pendekatan ekosistem terintegrasi GoTo semakin menambah kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi di platform Grup GoTo.
“Hal ini terlihat dari peningkatan, baik transaksi, jumlah pengguna, maupun tingkat penggunaan layanan antar platform selama bulan Ramadan tahun ini dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021,” katanya.
Lonjakan signifikan terjadi pada layanan logistik atau pengiriman barang dari platform e-commerce Tokopedia dengan kenaikan penggunaan GoSend sebagai salah satu pilihan utama pelanggan untuk pengiriman barang.
|Baca juga: MARKET REVIEW: Saham GOTO, BUKA, dan EMTK Jadi Pemberat IHSG
Konsumen GoTo juga merasakan manfaat dari kemudahan pembayaran digital, GoPay dan fasilitas GoPayLater di Tokopedia, yang ditunjukkan dengan peningkatan signifikan untuk pesanan (order) di Tokopedia yang dibayar menggunakan GoPay sepanjang Ramadan tahun ini.
Selain itu, pelonggaran pembatasan aktivitas sosial di Indonesia turut mendorong mobilitas masyarakat yang berdampak pada peningkatan pesanan layanan GoRide dan GoCar.
Di lain pihak, layanan GoFood, yang menjadi layanan pesan-antar makanan yang andal dan terpercaya bagi konsumen GoTo, juga mendorong eksposur usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner melalui sarana promosi digital di platform GoFood.
Pertumbuhan melalui Ekosistem Terintegrasi GoTo Integrasi erat antara ketiga platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh konsumen dengan memanfaatkan sebagian atau seluruh layanan yang terdapat di dalam ekosistem Grup.
Beberapa contoh penggunaan terintegrasi tersebut seperti memesan makanan melalui layanan GoFood dan membayar melalui GoPay, atau berbelanja di Tokopedia dengan membayar menggunakan GoPay dan mengirimkan menggunakan layanan GoSend.
|Baca juga: OVO, DANA, & GoPay Kuasai Pasar Pembayaran Digital di Indonesia
Manfaat yang dirasakan konsumen tersebut terlihat dari peningkatan jumlah transaksi terintegrasi tersebut, di antaranya: jumlah pesanan di Tokopedia yang dikirimkan menggunakan layanan GoSend (instant maupun sameday) sepanjang bulan Ramadan 2022 tumbuh sebesar 85% dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021.
Jumlah pesanan parsel (hampers) di Tokopedia yang dikirimkan dengan layanan logistik instant maupun sameday GoSend sepanjang bulan Ramadan 2022 meningkat sebesar 60% dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021.
Penggunaan GoPay juga tumbuh secara signifikan sepanjang periode puncak belanja di bulan Ramadan, sebagai hasil dari integrasi yang mendalam antara GoTo Financial dengan Tokopedia.
Jumlah pesanan yang diselesaikan untuk layanan GoRide dan GoCar secara kumulatif tumbuh sebesar lebih dari 35% sepanjang bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan Ramadan 2021, seiring terjadinya pelonggaran terhadap pembatasan aktivitas sosial, lebih banyak dilakukannya kegiatan ‘buka puasa bersama’ secara offline, kunjungan dan berkumpul bersama keluarga, serta mulai kembalinya karyawan bekerja di kantor (work from office).
Jumlah konsumen yang bertransaksi di GoFood meningkat sebesar 25% pada bulan Ramadan 2022 dibanding dengan bulan Ramadan 2021. Sementara itu, mitra GoFood yang menggunakan sarana promosi digital melalui platform Gojek tumbuh sebesar 46% dibandingkan tahun sebelumnya.
Donasi sosial yang diberikan melalui GoPay (baik secara offline maupun online) meningkat selama bulan Ramadan, dengan pertumbuhan sebesar 40% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News