Media Asuransi, JAKARTA – Distributor perangkat ponsel dan aksesoris, PT Erajaya Swasembada, Tbk. (ERAA) mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 8,5 persen menjadi Rp65,3 triliun di tahun 2024 dibandingkan tahun 2023 yang sebesar Rp60,1 triliun.
Kenaikan penjualan bersih berkontribusi positif pada kenaikan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 25 persen. Laba bersih di tahun lalu tercatat sebesar Rp1,03 triliun.
|Baca juga: Erajaya Swasembada (ERAA) Bakal Pasarkan Kendaraan Listrik Merek XPENG
Sejalan dengan peningkatan penjualan, laba kotor tercatat tumbuh 12.8 persen menjadi Rp7,2 triliun, dengan margin laba kotor sebesar 11,2 persen.
Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk, menyatakan, pihaknya berhasil menjaga momentum positif yang sudah tercapai pada periode sebelumnya, yang didorong oleh fokus strategis ERAA untuk mengembangkan seluruh portofolio merek yang dimiliki oleh Perseroan.
“Selain itu, kami secara proaktif memanfaatkan momentum musiman, seperti liburan Natal dan akhir tahun, untuk menawarkan berbagai produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen,” urainya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Rabu, 26 Maret 2025.
|Baca juga: Erajaya Swasembada Tegaskan ERAL Sebagai Entitas Anak Usaha
Saat ini, jelasnya, segmen cellular phones & tablet masih menjadi kontributor terbesar terhadap penjualan bersih, dengan kontribusi sebesar 80,3 persen. Sebagai bagian dari strategi pengembangan vertikal di luar handset, Perseroan juga mencatatkan pertumbuhan yang signifikan di segmen aksesori dan lainnya, yang tumbuh 23,0 persen dan berkontribusi 13,1 persen terhadap penjualan bersih.
Selain itu, imbuh Hasan, pada tahun 2024, Perseroan melalui anak usahanya berhasil menambahkan beberapa merek baru yang strategis ke dalam portofolio bisnis, termasuk diantaranya Curry Up dan Bacha Coffee di segmen Erajaya Food & Nourishment, XPENG yang menandai ekspansi Perseroan ke industri smart EV, serta Under Armour, sebuah merek retail apparel olahraga melalui vertikal Erajaya Active Lifestyle.
Pada 2024, Perseroan juga berhasil membuka 278 toko baru, sehingga pada akhir Desember 2024, jumlah total jaringan retail mencapai 2,194 toko yang tersebar di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
Editor: Irdiya Setiawan
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News