Media Asuransi, JAKARTA – Pergerakan otomotif yang mulai menunjukkan peningkatan seiring dengan perkembangan pertumbuhan signifikan penjualan mobil dan motor sejak Januari hingga September 2021. Hal ini mendorong PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan juga bagian dari Astra Financial untuk terus mendukung pemulihan sektor otomotif pasca pandemi.
Adanya penurunan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah seiring dengan menurunnya penyebaran virus Covid-19 telah memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan industri otomotif. Tentu saja pertumbuhan penjualan yang signifikan ini memberikan angin segar bagi prospek sektor otomotif, khususnya kendaraan roda empat dan roda dua.
Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, mengatakan bahwa per 2020, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pasar roda dua memang mengalami penurunan sebesar -43,6%, yaitu sebanyak 3.6 juta unit dibanding tahun 2019 yang berhasil mencapai penjualan sebanyak 6,5 juta unit, namun diprediksikan akan mengalami peningkatan sebesar 38,4% di akhir tahun 2021, yaitu sebesar 5,1 juta unit, walaupun memang angka ini belum seperti saat sebelum pandemi pada tahun 2019,” kata Margono dalam keterangannya, Kamis, 18 November 2021.
Lanjut Margono, untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan telah melakukan beberapa inisiatif, seperti memperkuat project kolaborasi, baik di internal perusahaan maupun dengan ekosistem Astra dan strategic partner melalui integrasi online and offline, virtual exihibition yang melibatkan dealer motor rekanan, join program dan banyak lagi lainnya, sehingga walaupun pasar kendaraan roda dua masih mengalami slowly growth.”
|Baca juga: FIF Catatkan Obligasi Rp1,75 Triliun, Segini Kuponnya
Melihat industri pembiayaan sepeda motor nasional, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh APPI, penyaluran pembiayaan untuk sepeda motor baru dan bekas Januari-September 2021 mengalami kenaikan sebesar 19,8% menjadi Rp 55,6 triliun, dibanding period yang sama pada 2020 sebesar Rp 46,45 triliun.
Sedangkan, FIFGROUP menurut Margono, juga menunjukkan pertumbuhan positif, Januari-September 2021 terjadi peningkatan jumlah pembiayaan yang berhasil dicapai oleh FIFGROUP sebesar 4,4% senilai Rp 22,9 triliun dibanding periode yang sama tahun 2020 yang hanya mencapai pembiayaan sebesar Rp 21,9 triliun. Pertumbuhan ini tetap menjadikan FIFGROUP sebagai market leader dalam pembiayaan kendaraan roda dua dengan porsi sebesar 41,2% untuk periode Januari-September 2021.
“Kolaborasi seluruh line of bussiness (LoB) FIFGROUP yang terdiri dari FIFASTRA melalui pembiayaan sepeda motor baru, DANASTRA untuk pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang melayani pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, serta AMITRA yang telah meluncurkan produk pembiayaan logam emas mulia serta perjalanan religius (umroh dan haji) dengan akad syariah, yang tentunya semua itu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta kebutuhan perusahaan untuk bertumbuh, sehingga dalam kondisi tertentu produk ini bisa saling menopang,” paparnya.
Margono menambahkan bahwa semua portfolio ini tentu harus dikembangkan, namun memang sampai dengan saat ini pembiayaan kendaraan roda dua dengan brand FIFASTRA masih memiliki porsi yang paling besar, yaitu 63,0% dari total pembiayaan FIFGROUP, diikuti dengan DANASTRA 33,0%, SPEKTRA 5,5%, dan AMITRA 0,5%.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News