Media Asuransi, JAKARTA – Ada sejumlah kisah pegawai yang meniti karier secara mengesankan. Mereka meniti karier dari tingkat paling dasar, tidak memiliki pendidikan memadai namun berhasil mencapai puncak karier. Mereka ulet, gigih dan fokus pada tujuan kariernya.
Seperti kisah Houtmand Zainal Arifin Vice Presiden Citibank yang mulai kariernya dari posisi Office Boy (OB). Atau kisah Novizal Haidar yang meniti karier dari OB hingga menjadi Corporate Solution & Direct Postpaid Supervisor East Java Smartfren Telecom.
Houtmand merupakan pria yang berasal dari keluarga tidak mampu dan memutuskan merantau ke Jakarta dari kampung halamannya di Kediri, Jawa Timur. Di sela-sela melakukan tugasnya, Houtmand meyimak training -training dan mencatatnya kemudian mempelajarinya hingga akhirnya diangkat sebagai pegawai dan kemudian kariernya melesat meninggalkan rekan-rekannya yang terlebih dahulu menjadi pegawai.
Kamu juga bisa meraih jenjang tertinggi di perusahaan tempat kamu bekerja asalkan kamu menerapkan Langkah-langkah berikut ini:
- Tetapkan Tujuan Karier yang Jelas
Tentukan di mana Anda ingin berada dalam 5-10 tahun ke depan. Menetapkan tujuan karier yang jelas dan spesifik akan memberimu arah dan motivasi. Canangkan apa yang ingin Anda capai dalam jangka pendek dan jangka panjang, serta buat rencana langkah demi langkah untuk mencapainya.
- Terus Belajar dan Berkembang
Ikuti pelatihan, seminar, atau kursus online untuk meningkatkan keterampilan. Perluas wawasan dengan membaca buku atau mengikuti tren industri.
|Baca juga: Sering Menunda Pekerjaan? Waspada Dampak Buruk Berikut Bakal Mengintai Kariermu!
- Bangun Jaringan yang Kuat
Jaringan profesional yang kuat dapat membuka banyak peluang. Hadiri acara profesional dan bergabung dalam komunitas industri. Bangun hubungan dengan mentor atau orang-orang yang lebih berpengalaman.
- Ambil Inisiatif dan Tantangan Baru
Jangan takut mencoba proyek atau tanggung jawab baru. Tunjukkan sikap proaktif dalam mencari solusi dan peluang. Banyak contoh kesuksesan karier karena individu tersebut berani keluar dari zona nyaman dengan mencari tantangan baru.
- Kembangkan Keterampilan
Kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama tim sangat penting. Belajar mengelola konflik dan beradaptasi dengan perubahan.
|Baca juga: karier
- Jaga Reputasi dan Integritas
Tunjukkan etika kerja yang baik dan profesionalisme. Konsisten dalam memberikan hasil terbaik. Etika kerja yang baik adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan dan penghargaan dari atasan dan rekan kerja. Tunjukkan integritas, tanggung jawab, dan dedikasi dalam setiap tugas yang Anda lakukan. Etos kerja yang kuat akan membuat Anda menonjol dan dihargai di tempat kerja.
- Beradaptasi dengan Perubahan
Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan adalah kualitas penting dalam dunia kerja yang terus berkembang. Buka diri Anda terhadap ide-ide baru dan bersiaplah untuk belajar dan berubah sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerja Anda.\
- Berani Keluar dari Zona Nyaman
Jangan takut pindah ke pekerjaan atau industri baru jika ada peluang lebih baik. Terus tantang diri sendiri agar tetap berkembang.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News