Media Asuransi, JAKARTA – Perusahaan insurtech asal Amerika Serikat yang fokus pada asuransi untuk truk, Koffie, mengumumkan perolehan pendanaan Seri A senilai US$11 juta yang dipimpin oleh Anthemis Group.
Co-founder & CEO Koffie, Ian White, mengatakan bahwa sejak mendirikan perusahaan bersama Mike Dorfman pada tahun 2019, dirinya selalu menyadari bahwa asuransi adalah substrat transfer risiko di masyarakat. Sementara banyak yang akan mengatakan industri berusia 400 tahun adalah dinosaurus, kekuatan bertahan di dunia ketidakpastian memberikan kepercayaan diri dan jaminan untuk melakukan upaya berani yang mungkin tidak akan dilakukan.
Menurutnya, asuransi menjadi terhambat oleh beban biaya yang tinggi dan rasio kerugian yang meningkat, akibat dari distribusi yang mahal, sistem TI yang rumit, dan molase peraturan, semuanya mengakibatkan ketidakmampuan untuk beralih pada kecepatan yang diperlukan dunia saat ini dan menyebabkan rasa sakit yang tidak semestinya bagi pembeli asuransi.
|Baca juga: Insurtech asal Malaysia VSure.Life Ekspansi ke Inggris
“Kami yakin jalan keluarnya adalah fokus pada rasa sakit pelanggan. Perusahaan asuransi jalur komersial khususnya telah membangun produk selama beberapa dekade yang berfokus pada selera dan tujuan profitabilitas mereka sendiri daripada kebutuhan pelanggan. Ini menciptakan ketidakselarasan lebih lanjut ketika industri (dan karena itu pembeli asuransi) berkembang pesat, namun perusahaan asuransi tertinggal bertahun-tahun untuk mengevaluasi tren dan membuat perubahan produk dan harga,” katanya dalam postingan di Linkedin seperti dikutip Media Asuransi, Kamis, 21 Juli 2022.
Dia mencontohkan pada kasus Truk, yang telah menjadi salah satu lini asuransi dengan kinerja terburuk selama lebih dari satu dekade meskipun tarif tahunan meningkat hampir 10%. Namun selama periode yang sama, industri truk telah mengalami revolusi teknologi terbesar dalam sejarahnya (lihat: log elektronik, telematika, kamera, visibilitas rantai pasokan, sistem bantuan pengemudi yang canggih) dan dalam semua hal lebih aman dan lebih efisien dari sebelumnya.
|Baca juga: Insurtech asal Selandia Baru JAVLN Raih Pendanaan US$6,7 Juta
“Bagi kami, ini adalah berita terbesar tentang dislokasi asuransi, jalur asuransi yang bergerak berlawanan arah dengan industri dan pelanggan yang harus dilayaninya,” jelasnya.
Dengan demikian, Koffie lahir dengan tujuan membawa asuransi kembali ke akarnya, melayani pelanggan sebagaimana dimaksud dengan perubahan penting: keuntungan yang tidak adil dan pengenalan teknologi yang menarik (perangkat lunak, sistem, dan data yang membantu kami memelihara hubungan dan mengurangi risiko dalam kemitraan dengan agen dan tertanggung kami).
Dalam pendanaan ini, Anthemis Group, kembali untuk putaran ini bersama dengan Lerer Hippeau Ventures, Plug and Play Ventures, dan C2 Ventures. Investor baru untuk putaran ini termasuk Breakout Capital, CP Overture, Two Lanterns Venture Partners, Water Bear Ventures dan sekelompok angel investor yang berwawasan luas yang mencakup logistik, fintech, dan pengembangan perusahaan.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News