Media Asuransi – PT Asuransi Jiwa Sequis Life (Sequis Life) membukukan kinerja positif pada periode kuartal II/2021 dengan mencatat total pendapatan premi sebesar Rp1,54 triliun dan laba bersih sebesar Rp438,14 miliar. Sampai dengan kuartal II tahun ini, perusahaan telah membayarkan kepada nasabahnya total klaim sebesar Rp333,75 miliar dan total manfaat sebesar Rp1,07 triliun.
Sedangkan klaim kematian dan kesehatan terkait Covid-19 yang telah dibayarkan perusahaan sampai dengan Juli 2021, telah mencapai lebih dari Rp195,95 miliar. Jumlah itu dibayarkan untuk lebih dari 8.300 kasus, 52,8 persen diantaranya berasal dari klaim kematian dan sisanya klaim kesehatan.
President Director & CEO Sequis, Tatang Widjaja, mengatakan bahwa kinerja Sequis dapat bertahan positif salah satunya ditopang oleh inovasi produk dan digital yang sedang digalakkan perusahaan. Dia menyebutkan inovasi asuransi kesehatan berpremi murah, yaitu Super Well Protection dan Super Care Protection melalui kanal digital Super You yang hadir pada pada masa pandemi (Juni 2021) disambut baik oleh masyarakat.
“Saat ini kebutuhan atas perlindungan kesehatan tinggi peminatnya, tapi terkendala biaya premi sehingga kedua inovasi produk ini adalah jawaban bagi kebutuhan perlindungan kesehatan masyarakat,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 7 September 2021.
|Baca juga: Total Pendapatan Sequis Life di Kuartal 1/2021 Rp789,9 Miliar
Sequis juga melakukan strategi optimalisasi produk yang sudah ada, yaitu pada produk asuransi Q Smart Life New Gen Insurance yang memberikan perlindungan jiwa seumur hidup (hingga 100 tahun), tanpa nasabah perlu membayar premi seumur hidup karena masa pembayaran premi bisa ditentukan sejak awal, yakni 5,10,15, atau 20 tahun.
Produk ini memberikan kepastian nilai tunai, yaitu jika pada akhir masa pertanggungan asuransi, tertanggung masih hidup maka akan mendapatkan manfaat 100 persen uang pertanggungan. Dengan premi yang terjangkau, manfaat yang diberikan bisa sampai miliaran sehingga bisa dimanfaatkan untuk merencanakan dana pensiun atau mempersiapkan warisan.
Menurut Tatang, asuransi menjadi pilihan instrumen warisan yang dapat diandalkan karena manfaatnya langsung dapat diterima oleh ahli waris tanpa menunggu proses panjang pengadilan menetapkan fatwa waris dan menghindari sengketa warisan. “Demikian juga adanya nilai tunai dapat dimanfaatkan saat pensiun atau lanjut usia sehingga kesejahteraan tetap terjamin meskipun kelak tidak lagi memiliki penghasilan,” jelasnya.
Selain fokus pada pengembangan produk, Sequis juga mengembangkan inovasi digital agar dapat terus meningkatkan layanan nasabahnya. Layanan digital kini menjadi semakin penting apalagi pada masa pandemi ini, sebagai perusahaan yang terus berkembang Sequis harus mampu menyelaraskan diri agar nasabah merasakan kemudahan berbisnis dengan perseroan.
“Itu sebabnya, kami meluncurkan program chatbot SELVIA (Sequis intelligent virtual assistant) atau asisten cerdas virtual dari Sequis agar nasabah dapat tetap terlayani dengan baik tanpa ada batasan. Kami meyakini bahwa kepuasan nasabah bagian penting dalam mempertahankan reputasi perusahaan,” sebut Tatang.
|Baca juga: Sequis Luncurkan Program Perlindungan Pasca Vaksinasi Covid-19
Kehadiran chatbot dalam beragam bisnis merupakan investasi teknologi machine learning yang menjanjikan dan telah dimanfaatkan oleh beragam perusahaan besar. Sequis pun tidak ketinggalan memanfaatkan inovasi kecerdasan buatan ini sebab teknologi yang mendukung kepraktisan dan dapat berlangsung interaktif akan meningkatkan kepuasan nasabah.
“Chatbot dapat menjadi alternatif bagi nasabah untuk berkomunikasi dengan perusahaan sehingga tidak perlu lagi mendatangi service center dan tidak perlu melakukan panggilan telepon ke contact center. Hal ini tentunya akan menghemat waktu dan pengeluaran nasabah serta lebih aman dimanfaatkan pada masa pandemi. Nasabah bisa mendapatkan layanan Sequis dengan cepat dan akurat karena SELVIA dapat dimanfaatkan kapan dan di mana saja,” ujar Head of Life Operation Sequis, Eko Sumurat.
SELVIA merupakan solusi layanan digital terbaru bagi layanan nasabah Sequis karena dirancang dapat memahami pertanyaan nasabah dan calon nasabah serta mampu memberikan jawaban sebagaimana tugas customer service sesungguhnya. “Nasabah Sequis dapat mengetahui status polis, manfaat polis, nilai investasi yang terbentuk, informasi prosedur dan persyaratan pengajuan klaim, dan informasi lainnya melalui SELVIA di kanal WhatsApp bisnis Sequis di nomor +62 811 1332 222 atau melalui scan QR code yang dapat diakses di media sosial Sequis, dan melalui fitur Live Chat pada website Sequis. Nasabah Sequis dapat menghubungi SELVIA kapan saja karena tak terbatas jam kerja dan dapat diakses 24 jam,” tambah Eko.
SELVIA memanfaatkan data core system sehingga akurasi data dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, juga memastikan bahwa SELVIA aman karena data terkait polis akan diverifikasi dengan menggunakan metode OTP (one-time password) yang dikirim ke nomor telepon pemegang polis yang terdaftar pada Sequis.
Sebelumnya, pada kuartal I/2021, Sequis juga telah meluncurkan aplikasi Sequis App untuk memudahkan nasabah mendapatkan informasi polis, mengajukan serta memantau status klaim, mencari rumah sakit, dan mengecek tarif kamar rumah sakit, serta meluncurkan layanan Find Agent untuk memudahkan calon nasabah terkoneksi dengan tenaga pemasar yang tepat guna membantu perencanaan keuangan untuk hari esok keluarga yang lebih baik. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News