Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Jago Tbk (Bank Jago) semakin memperluas akses finansial bagi masyarakat Indonesia dengan membuka akses bagi mitra usaha yang tergabung di aplikasi GoBiz, bagian dari Grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia dengan 15,1 juta mitra usaha.
Akses finansial ini mempermudah para mitra usaha bidang kuliner di GoBiz dalam mengakses layanan perbankan yang disediakan oleh Bank Jago. Melalui kerja sama ini, Bank Jago dan GoTo Financial mendorong kemudahan bagi para mitra usaha untuk dapat mengelola keuangannya secara mudah dan nyaman.
Pada tahap awal, beberapa layanan yang dapat dilakukan adalah membuka rekening Bank Jago, mengelola keuangan usaha menggunakan fitur Kantong Jago, dan mengakses layanan keuangan di aplikasi Jago, lebih mudah dari aplikasi GoBiz.
Layanan bernama Jago Merchant dari Bank Jago ini diluncurkan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan UMKM pada umumnya dan mitra usaha GoBiz khususnya, yang dapat memperoleh banyak manfaat dalam mengelola keuangan usaha.
“Tujuan utama dari kolaborasi ini adalah memberikan layanan keuangan dengan nilai tambah sebanyak-banyaknya bagi para pelaku bisnis. Kami ingin berperan aktif dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia serta berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi khususnya bagi segmen UMKM, ritel, dan mass market,” ungkap Direktur Utama Bank Jago, Kharim Siregar.
Kolaborasi aplikasi Jago dengan GoBiz berangkat dari kesamaan aspirasi Bank Jago dan GoTo Financial dalam meningkatkan kesempatan tumbuh para pelaku usaha melalui solusi keuangan yang fokus pada kehidupan mereka. Menurut data Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada 2021, salah satu manfaat utama yang dirasakan oleh UMKM dari kemitraan dengan GoFood adalah kemudahan pengelolaan operasional melalui aplikasi GoBiz.
Pengguna GoBiz dapat menikmati fasilitas bebas biaya administrasi, gratis tarik tunai di seluruh ATM, memberikan kemudahan transfer, dan bunga simpanan yang kompetitif. Kolaborasi layanan perbankan di aplikasi Jago dengan aplikasi GoBiz ini diharapkan dapat semakin memberikan nilai tambah yang dapat membantu efisiensi operasional para pelaku usaha.
Bank Jago mencermati, salah satu tantangan yang dihadapi para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya adalah pengelolaan keuangan yang baik. Padahal hal ini memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis UMKM. Beberapa contoh tantangan yang dihadapi mereka, antara lain memisahkan dana usaha dengan dana pribadi, konsolidasi hasil penjualan yang kerap terbagi di berbagai rekening.
“Bank Jago senantiasa mendengarkan tantangan finansial yang dihadapi masyarakat, tak terkecuali di kalangan pelaku UMKM dan merchant dalam ekosistem digital. Oleh karena itu kami menawarkan aplikasi Jago yang dapat menjadi alat pendukung mereka dalam mengelola keuangan bisnisnya dengan lebih mudah, kolaboratif, dan inovatif hanya dalam satu aplikasi. Harapannya, mereka akan semakin jago dalam mengelola keuangan serta mengembangkan usahanya,” tutur Head of Merchant Business Bank Jago, Vincent C Soegianto.
Head of Merchant Platform GoTo Financial, Novi Tandjung, menjelaskan bahwa sejak awal GoTo Financial melalui GoBiz memiliki aspirasi untuk mendorong pertumbuhan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.
“Melalui kerja sama Bank Jago dengan GoTo Financial, kami ingin menyediakan berbagai kemudahan tambahan untuk mendukung produktivitas pelaku usaha hingga mereka dapat meningkatkan skala usahanya. Di tahap awal, kolaborasi di aplikasi Jago dan GoBiz akan dapat dinikmati oleh para mitra usaha bidang kuliner di GoBiz, dan kemudian dapat dikembangkan bagi mitra usaha yang lebih luas di dalam ekosistem GoTo Financial lainnya,” kata Novi.
Sejalan dengan kolaborasi ini, Bank Jago dan GoBiz akan menggelar rangkaian program edukasi secara online maupun offline untuk meningkatkan literasi finansial para mitra usaha GoBiz yang tergabung di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).
Ke depannya, kolaborasi Bank Jago dan GoTo Financial akan terus diperdalam untuk memberikan solusi keuangan yang dapat makin mengakselerasi pertumbuhan UMKM di Indonesia.
“Kolaborasi hari ini baru permulaan. Kami akan terus menawarkan solusi komprehensif bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Kami berkomitmen dapat terus menawarkan berbagai layanan dan fitur baru untuk melengkapi solusi pengelolaan keuangan agar pelaku UMKM dapat meningkatkan skala usahanya,” tutur Kharim.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News