Media Asuransi, GLOBAL – Didukung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Bank Negara Malaysia (BNM), Komite Mekanisme Pengaduan Asuransi Kesehatan (GMC) telah diaktifkan kembali di negara ini. GMC adalah platform yang mempertemukan para profesional medis, rumah sakit, perusahaan asuransi, operator takaful, dan regulator.
Mengutip Asia Insurance Review, Kamis, 20 November 2025, GMC diaktifkan untuk menangani masalah klaim asuransi kesehatan sistemik. GMC bertujuan untuk menyediakan saluran konsultatif yang terstruktur untuk berdialog, memberi saran dan merekomendasikan solusi atas permasalahan umum di industri, serta mendorong rasa saling percaya dan hormat.
GMC yang telah direaktivasi ini menggelar pertemuan perdananya pada 10 November, dihadiri oleh lima organisasi anggota: Asosiasi Medis Malaysia, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Malaysia, Asosiasi Asuransi Jiwa Malaysia, Persatuan Asuransi Umum Malaysia, dan Asosiasi Takaful Malaysia.
Pejabat dari Kementerian Kesehatan (MoH) dan Bank Negara Malaysia (BNM) ikut serta sebagai pengamat.
Sebagai prioritas awal dan utama, GMC akan memfokuskan upayanya pada penyusunan protokol klaim untuk menangani masalah klaim yang umum. Protokol ini akan menjadi dasar bagi kerangka kerja GMC ke depan dalam membangungn praktik terbaik yang lebih efektif dan berkesinambungan.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
