Media Asuransi, JAKARTA – Potensi industri asuransi di Indonesia di tahun 2023 lumayan besar, karena berdasar data Otoritas Jasa Keungan (PJK) penetrasi asuransi masih rendah, hanya 3,18 persen. Di sisi lain, pandemi Covid-19 telah mendorong peningkatan kesadaran masyarakat mengenai perlunya proteksi asuransi.
Hal itu membuka peluang bagi perusahaan asuransi nasional, termasuk PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia). “Kami sangat bersemangat dan optimistis dalam menyambut tahun 2023. Kami berkomitmen memenuhi kebutuhan finansial nasabah dengan memberikan solusi yang mengedepankan kepentingan mereka melalui inovasi produk dan layanan,” ujar Presiden Direktur & CEO Manulife Indonesia, Ryan Charland, dalam keterangan resmi, Senin, 19 Desember 2022.
Dia jelaskan, menurut Survei Manulife Asia Care 2022, sebanyak 83 persen responden melihat pentingnya memiliki asuransi, dan 76 persen berkeinginan membeli produk asuransi. “Kami percaya bahwa masyarakat Indonesia akan senantiasa membutuhkan proteksi serta rencana pensiun untuk keamanan masa depan mereka,” tambah Ryan.
|Baca juga: PwC Soroti 3 Tren Utama Industri Asuransi di Timur Tengah
Sinyal adanya tekanan ekonomi pada tahun 2023 dikeluarkan Bank Dunia yang meningingatkan bahwa resesi 2023 dipicu keadaan saat bank-bank sentral seluruh dunia secara bersamaan menaikkan suku bunga sebagai respons terhadap inflasi yang tinggi. Jika kenaikan suku bunga tersebut disertai dengan tekanan pasar keuangan, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) global akan melambat menjadi 0,5 persen pada 2023. Artinya, ada kontraksi 0,4 persen per kapita. Kondisi inilah yang secara teknis dimaksud dengan resesi global.
Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) 2A OJK, Ahmad Nasrullah, dalam suatu kesempatan mengatakan bahwa industri asuransi akan dapat melewati tantangan resesi, apalagi sudah teruji bisa bertahan saat krisis ekonomi. Berdasar data OJK, penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah. Tercatat pada 2021 baru mencapai 3,18 persen, yang terdiri atas penetrasi asuransi jiwa 1,19 persen, asuransi umum 0,47 persen, asuransi sosial 1,45 persen, dan asuransi wajib 0,08 persen.
Sementara itu, Head of Product Management Manulife Indonesia, Richard Sondakh, mengakui bahwa tahun depan merupakan tahun yang menantang. “Namun kita akan menjadikan tantangan menjadi peluang untuk terus berinovasi baik dari segi produk maupun layanan,” ujarnya.
Richard menjelaskan, hasil survei Manulife Asia Care 2022 menyebutkan tiga produk asuransi yang cocok untuk dihadirkan ke nasabah pada masa mendatang. Produk asuransi itu yakni asuransi pendidikan anak, asuransi kesehatan, serta asuransi jiwa dan penyakit kritis. Produk tersebut akan menjadi produk asuransi pilihan dan menjadi prioritas utama.
|Baca juga: Industri Asuransi Jiwa Luncurkan Tabel Morbiditas Indonesia Edisi Pertama Khusus Penyakit Kritis
Menurutnya, kondisi ekonomi yang tidak menentu, menciptakan produk asuransi yang terjangkau menjadi pilihan menggapai segmen yang lebih luas. Seperti produk MiFirst Life Protector asuransi jiwa digital yang menawarkan premi mulai dari Rp50.000.
Dia jelaskan bahwa saat pandemi, kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan lebih besar. Sepanjang 2021, Manulife membukukan kinerja solid. Pendapatan bersih premi asuransi Manulife Indonesia meningkat 42 persen menjadi Rp12,1 triliun, sedangkan kinerja premi bisnis baru mencapai Rp7,5 triliun berdasar annualized premium equivalent (APE).
Richard menjelaskan bahwa kekuatan Manulife Indonesia juga karena menjaga kepercayaan nasabah. Termasuk dalam membayar klaim. Tercatat, khusus klaim perawatan Covid-19, sepanjang Januari hingga Oktober 2022 yang dibayarkan Manulife Indonesia sebesar Rp83 miliar. Sedangkan untuk keseluruhan, pada periode Januari-September 2022, Manulife Indonesia sudah membayar klaim sebesar Rp6 triliun (un-audited). Sementara itu, sepanjang 2021 lalu, Manulife Indonesia membayar klaim sebesar Rp8,9 triliun (audited).
“Sepanjang periode yang menantang, kami berhasil untuk menghadirkan MiEclaim, yang memungkinkan nasabah untuk melakukan pengajuan klaim yang ringkas dan tanpa kertas, kami juga memberikan fasilitas tanda tangan digital dengan menggunakan MiPrivyID,” tutur Ryan Charland.
Sejumlah nasabah mengakui mendapat layanan yang baik dari Manulife. Hal itulah yang membuat mereka tetap memilih Manulife. Seperti yang dikatakan Yendi Vestano, nasabah Manulife dari Medan. Dia mengaku puas dengan layanan yang diberikan Manulife.
Menurut Yendi, pembayaran klaim asuransi dari Manulife berlangsung sangat cepat atau tak lebih dari sepekan setelah dokumen dari rumah sakit diserahkan kepada agen yang mengurusinya. “Responsnya sangat bagus. Klaimnya cepat sehingga harus dipertahankan,” ujarnya.
Yendi menjadi nasabah Manulife sejak 2018 dengan membeli produk asuransi kesehatan bersama istri. Setahun berselang, ia kembali membeli produk asuransi hari tua berdenominasi dolar AS. Dia beralasan produk tersebut diperuntukkan sebagai warisan bagi anak cucunya kelak.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News