Media Asuransi – Mastercard meluncurkan situs mikro Digital Acceleration untuk Usaha Kecil di sebagian besar situs web perusahaan di wilayah Asia Pasifik. Situs mikro ini berisi informasi dan sumber daya tentang cara untuk mendigitalisasikan serta menjalankan bisnis lebih efisien. Peluncuran situs mikro ini dimaksudkan untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pulih dari dampak pandemi dan bersiap untuk masa depan.
Pandemi Covid-19 mendorong perubahan yang cepat dan berkelanjutan ke perdagangan elektronik dan pembayaran nirsentuh. Situs one–stop ini mencakup panduan untuk melakukan transformasi digital, kursus daring, informasi mengenai produk dan jasa Mastercard untuk UKM, wawasan keamanan siber dan alat untuk mengurangi kerentanan, akses ke penawaran untuk berbagai solusi perangkat lunak bisnis, platform perdagangan elektronik dan layanan pemasaran digital.
“Dampak pandemi terhadap UKM sangat besar, sehingga penting bagi mereka untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sumber daya yang mereka butuhkan agar dapat menawarkan pengalaman belanja dan pembayaran multi saluran yang dapat mendorong bisnis, serta membangun loyalitas pelanggan di dunia fisik dan digital,” kata Sandeep Malhotra, Executive Vice President, Products & Innovation, Asia Pacific, Mastercard, dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Jumat, 22 Januari 2021.
Baca Juga: Prudential Indonesia Berikan Edukasi Literasi Finansial Bagi Pengusaha UMKM
Ditambahkan, dengan kebiasaan membeli dan ekspektasi konsumen yang berkembang dengan cepat, inisiatif ini hanyalah salah satu cara Mastercard dalam mendorong inklusi keuangan. Selain itu juga membantu usaha kecil untuk beralih ke digital di seluruh kegiatan bisnis mereka untuk dapat mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi dan manajemen keuangan, sambil tetap aman dan terlindungi dari risiko siber dan penipuan.
Pusat Digital Acceleration untuk Usaha Kecil tersedia di seluruh situs web berbahasa Inggris Mastercard untuk Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Hong Kong, India, dan Asia Tenggara. Digital Acceleration akan diluncurkan secara selektif di situs non-Inggris di masa depan.
Guna meningkatkan sumber daya untuk UKM, Mastercard telah bekerja sama dengan pembuat situs web terkenal yaitu Wix. Selain itu juga kerja sama dengan Zoho, sebuah penyedia solusi penyimpanan data daring dengan lebih dari 60 juta pengguna. Mitra-mitra ini akan mensponsori panduan dan artikel daring tentang berbagai topik, mulai dari membuat toko daring dan memilih nama situs untuk bermigrasi ke platform manajemen pengeluaran dan akuntansi daring.
Baca Juga: Menko Airlangga: 2021 Jadi Tahun Pemulihan Ekonomi Nasional
“Seiring perubahan dunia yang melampaui kemampuan bertahan dalam jangka pendek, UKM membutuhkan rencana untuk keberhasilan jangka panjang di dunia belanja daring yang baru. Di Wix, kami telah melihat secara langsung bagaimana tahun lalu memberikan tantangan kepada dunia bisnis dalam berbagai hal, namun juga menciptakan kemampuan untuk bertahan dan beradaptasi,” kata Liat Karpel Gurwicz, Head of eCommerce Marketing Wix.com.
Liat menambahkan, “Kami akan memanfaatkan pembelajaran kolektif dari tim Wix yang telah menciptakan platform perdagangan elektronik kami dan para pedagang yang menjalankan bisnis mereka di dalamnya untuk membantu UKM merencanakan dan menyusun strategi untuk 2021”.
Sementara itu, Gibu Mathew, Vice President and GM, Asia Pacific, Zoho Corp, mengatakan bahwa saat organisasi-organisasi mencoba untuk menata ulang model bisnis mereka, berbagai konten yang informatif dapat membantu mereka mendapatkan berbagai ide baru. “Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam inisiatif yang diusung oleh Mastercard, perusahaan yang berkomitmen dalam memberdayakan para pelaku bisnis untuk berinovasi dan menerapkan solusi terdepan untuk transformasi bisnis,” katanya.
Baca Juga: Gubernur Bank Indonesia: Vaksinasi Covid-19 Dorong Perekonomian Global
Menurut Gibu, inisiatif ini akan semakin meningkatkan dan memperdalam kesadaran digital dan cara untuk melakukannya, memungkinkan pelaku bisnis dan manajemen puncak membuat keputusan yang tepat saat memilih solusi terbaik untuk mendukung kebutuhan bisnis yang terus berkembang.
Situs sumber daya di wilayah Asia Pasifik ini adalah bagian dari usaha global Mastercard dalam membantu UKM “Get Paid, Get Capital and Get Digital” melalui pengembangan produk baru, kemitraan, dan saluran distribusi. Kegiatan ini termasuk dalam inisiatif di Amerika Utara, Karibia, Australia, dan Selandia Baru.
Setelah mencapai tujuannya untuk membawa 500 juta orang ke dalam sistem finansial, Mastercard memperkuat komitmennya untuk inklusi dengan membantu 1 miliar orang mendapatkan akses ke ekonomi digital pada tahun 2025, termasuk 50 juta usaha kecil dan 25 juta pengusaha perempuan.
Baca Juga: Jadi Pioner, Telkom (TLKM) Adopsi Teknologi NVIDIA DGX A100
Lebih dari sekadar mendukung usaha, manfaat transformasi digital sangat luas. Studi terbaru oleh International Data Corporation menunjukkan digitalisasi UKM dapat menambah 2,6 miliar hingga 3,1 miliar dolar AS ke PDB Asia Pasifik pada tahun 2024. Karena dampak Covid-19, hampir 70 persen UKM di Asia Pasifik mempercepat digitalisasi. Sedang 86 persen percaya hal ini akan membantu ketahanan terhadap kejadian serupa di masa mendatang.
Berkaca pada perubahan besar pola pikir “digital first”, pembayaran nirsentuh melalui jaringan Mastercard adalah 41 persen dari transaksi langsung di kuartal III/2020, naik dari 37 persen pada kuartal II/202 dan 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Dengan penarikan langsung tunai melalui ATM berada pada tingkat terendah, riset yang dilakukan Mastercard menunjukkan lebih dari 70 persen konsumen di dunia berencana untuk terus melakukan belanja daring, dan 74 persen berencana untuk terus menggunakan pembayaran nirsentuh bahkan setelah pandemi mereda. Di Asia Pasifik, pembayaran nirsentuh akan berlanjut, hal ini berdasarkan 71 persen konsumen di Australia, 77 persen di India, 73 persen di Tiongkok, dan 62 persen di Jepang. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News