1
1

Meski Turun, Keyakinan Konsumen Masih di Level Optimistis

Media Asuransi, JAKARTA – Meski lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen tetap kuat dan berada pada area optimistis

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2022 sebesar 113,1 (indeks > 100), meski lebih rendah dibandingkan 119,6 pada Januari 2022.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, menjelaskan bahwa keyakinan konsumen pada Februari 2022 yang tidak setinggi bulan sebelumnya disebabkan oleh ekspektasi terhadap kondisi ekonomi mendatang yang lebih terbatas, baik ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun kegiatan usaha, meskipun masih berada pada area optimistis

Pada saat yang sama, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan, ditengarai sejalan dengan meningkatnya kasus Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang lebih ketat di berbagai wilayah di Indonesia.

|Baca juga: Meski Turun Tipis, Keyakinan Konsumen Masih Bertahan di Level Optimistis

Melemahnya IKK Februari 2022 bersumber dari termoderasinya kedua indeks pembentuk IKK dimana Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) masingmasing tercatat sebesar 95,5 dan 130,8, lebih rendah dari 100,9 dan 138,3 pada bulan sebelumnya.

Pada Februari 2022, penurunan IKK terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, terutama responden dengan pengeluaran Rp1-2 juta per bulan dan seluruh kelompok usia. Sementara itu, secara spasial, keyakinan konsumen pada Februari 2022 terpantau melemah di 16 kota yang disurvei, dengan penurunan terdalam terjadi di kota Mataram (-20,0 poin), Banjarmasin (-14,1 poin), Jakarta (-10,9 poin), dan Makassar (-10,9 poin).

Pada Februari 2022, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan yang lalu melemah dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan Indeks Penghasilan Saat ini terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp2,1-3 juta per bulan. Penurunan Indeks Penghasilan Saat Ini juga terjadi pada hampir seluruh kategori usia responden.

Persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini juga terpantau menurun pada Februari 2022. Penurunan Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Saat Ini terjadi pada mayoritas kelompok pendidikan responden, terutama responden dengan latar belakang pendidikan akademi dan seluruh kelompok usia responden.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post DBS Bentuk Dewan Komite Keberlanjutan, Ini Tugasnya
Next Post Tips Menghindari Burnout Ketika WFH

Member Login

or