1
1

Mitra Pinasthika (MPMX) Catatkan Pertumbuhan Pendapatan 15% Sepanjang 2021

Media Asuransi, JAKARTA – PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) membukukan pendapatan konsolidasi sepanjang 2021 senilai Rp12,9 triliun atau mengalami kenaikan tahunan sebesar 15%, dan laba bersih tercatat sebesar Rp412 miliar atau bertumbuh 208% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Suwito Mawarwati, Group Chief Executive Officer MPMX mengatakan tahun 2021 merupakan tahun yang solid, dan pihaknya sangat senang dengan kemajuan yang terjadi di sejumlah area penting seperti pada transformasi digital Perseroan sebagai respons atas perubahan perilaku konsumen yang dinamis dan bergerak ke arah digitalisasi.

“Kami telah melakukan berbagai inovasi digital baik untuk penyempurnaan proses bisnis maupun diversifikasi produk, diantaranya online claim portal untuk MPMInsurance, Brompit di MPMulia, dan adanya lelang online di AUKSI hingga peluncuran produk digital terbaru yaitu OtoDeals.”

|Baca juga: BEDAH SAHAM: Menimbang Potensi Kebangkitan Kinerja Mitra Pinasthika (MPMX)

Secara keseluruhan, kinerja keuangan dan kinerja operasional Perseroan di tahun 2021 mengalami kenaikan dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya, dimana kinerja tahun ini berada di atas target yang telah dicanangkan di awal tahun 2021.

Seluruh segmen menunjukkan ketahanannya selama masa pandemi dengan mencatat kenaikan di level laba bersih, kecuali pada Segmen Asuransi yang pertumbuhan labanya relatif stabil meskipun mencatatkan pertumbuhan premi bruto yang baik.

Segmen Distribusi, Ritel dan Aftermarket mencatat peningkatan pendapatan sebesar 18,7% dan berkontribusi sebesar 90% dari total pendapatan konsolidasi yang didorong oleh pertumbuhan penjualan yang kuat dari pasar kendaraan roda dua secara nasional. MPMulia berhasil menjual sepeda motor sebesar 646 ribu unit meningkat 16% dari tahun sebelumnya.

Selama tahun 2021 MPMulia berupaya memaksimalkan kolaborasi antara Main Dealer, Dealer, dan perusahaan pembiayaan untuk menunjang penjualan dan mempertahankan dominasi pangsa pasar, menjalankan aktivitas pemasaran secara o­ine dan program penjualan yang menarik, efektif, dan efisien; serta menerapkan berbagai inisiatif digital untuk memperkuat ekosistem bisnis.

Segmen Transportasi yaitu MPMRent mengalami penurunan pendapatan sebesar 7% dibandingkan tahun lalu, dimana sebagian besar disebabkan karena berkurangnya kontribusi unit penjualan mobil bekas.

Di tahun 2021 AUKSI anak perusahaan MPMRent meluncurkan lelang online yang berdampak pada peningkatan marjin penjualan mobil bekas yaitu sebesar 23%, lebih tinggi dari target yang dicanangkan yaitu 20%.

Sementara itu, Segmen Asuransi MPMInsurance mencatat pertumbuhan gross premium sebesar 29%, namun masih membukukan penurunan pendapatan sebesar 9%. Hal ini dikarenakan berkurangnya kontribusi dari premi produk asuransi kendaraan yang memang mengalami penurunan di tahun 2021, walaupun adanya pertumbuhan dari produk asuransi lainnya.

Entitas asosiasi Perseroan yaitu JACCS-MPMFinance Indonesia memberikan kontribusi yang lebih baik karena peningkatan laba bersih dan penurunan NPL >90 hari menjadi 2,3%.

Sebagai komitmen berkelanjutan untuk memberikan penghargaan kepada pemegang saham, pada tahun 2021, Perseroan telah membagikan dividen Rp115,- per saham untuk tahun buku 2020 Perseroan akan terus berupaya memberikan pengembalian yang maksimal kepada pemegang saham berupa pembagian dividen secara konsisten dalam jangka panjang.

Di tahun 2022, Perseroan akan terus berinovasi untuk menciptakan produk yang relevan dengan pasar saat ini dan secara konsisten terus mencari peluang untuk tumbuh secara anorganik melalui M&A yang potensial sehingga Perseroan dapat terus memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham, serta para pemangku kepentingan lainnya.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Pefindo Naikkan Peringkat Hutama Karya idAA- Outlook Stabil
Next Post Lenna.ai Masuk Ekosistem Teknologi MCAS

Member Login

or