1
1

Pentingnya Ekosistem Digital dalam Pemasaran Asuransi

Ilustrasi Industri Asuransi Global. | Foto: Ist

Media Asuransi, JAKARTA – Ekosistem digital punya peran penting mendorong literasi dan inklusi keuangan. Di industri asuransi, ekosistem digital ini dibangun oleh perusahaan insurtech, yang punya beragam kanal distribusi untuk memasarkan produk asuransi. Kini, banyak perusahaan asuransi yang memilih berkolaborasi dengan perusahaan insurtech untuk menghadirkan asuransi digital.

Fuse Insurtech termasuk salah satu insurtech yang memiliki bisnis model paling komprehensif untuk memasarkan produk asuransi, mulai dari model agent partners, asuransi mikro, financial institute, dan B2C comparison

Fuse bekerja dengan beragam kanal milik partner untuk mendistribusikan produk asuransi ke end-customers. Pandemi Covid-19 mempercepat pertumbuhan asuransi dan mengubah pola penjualan asuransi di Indonesia. Fuse memanfaatkan situasi ini, merujuk pada pendapatan premi bruto (gross written premium/ GWP) kuartal III/2021 yang sudah melebihi Rp1 triliun. Pencapaian ini tak lepas dari kepercayaan lebih dari 40 perusahaan asuransi yang memilih bekerja sama dengan Fuse.

“Fuse merupakan kontributor yang signifikan bagi Simas Insurtech untuk perolehan premi bruto dalam kerja sama partnership. Fuse sangat inovatif dalam penggunaan teknologi untuk menjalankan peran berbeda di ekosistem asuransi serta sangat cepat dalam hal eksekusi. Ekosistem Fuse juga menghadirkan beragam kanal distribusi, beragam produk asuransi dan membuat Fuse punya posisi yang unik di ranah insurtech,” ujar CEO Simas Insurtech, Teguh Aria Djana.

Asuransi Bina Dana Arta (ABDA) menjadikan Fuse sebagai satu-satunya partner insurtech, yang sejak kuartal IV/2020 dilabeli Fuse sebagai partner kategori Titanium. ABDA memanfaatkan platform teknologi Fuse untuk memasarkan produk asuransi mobil, properti, dan kesehatan.

|Baca juga: Inovasi dan Layanan Tanda Tangan Elektronik, Mendukung Ekosistem Ekonomi Digital

“Kami percaya bahwa optimalisasi data lewat pemanfaatan insurtech yang optimal semakin relevan dan dibutuhkan oleh para pelaku usaha asuransi, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia. Sebagai pelopor insurtech di Indonesia, Fuse diharapkan dapat membantu memajukan industri asuransi bersama-sama,” ujar Kepala Divisi Broker ABDA, Nurmala Fitri Dewi

Asuransi Multi Artha Guna (MAG) mengakui bahwa Fuse Pro, aplikasi yang dikembangkan Fuse sejak tahun 2017, membuat pembelian produk serta klaim asuransi dapat dilakukan secara online, cepat, dan mudah. Fuse juga membantu penjualan asuransi di kota-kota yang tidak memiliki kantor cabang MAG.

“Agresivitas dalam marketing, produk asuransi yang lengkap, tenaga pemasar atau partner berkapabilitas, serta pengembangan teknologi yang menyesuaikan penetrasi pasar, menjadi kunci keberhasilan Fuse,” ungkap Wakil Presiden Direktur Asuransi MAG, Thomas Paitimusa.

Menanggapi hal ini, founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Fuse, Andy Yeung, mengatakan bahwa banyak potensi tersedia untuk insurtech, seiring terjadinya perubahan perilaku konsumen akibat pandemi Covid-19. Insurtech menjadi katalisator dalam membangun dan memperluas akses masyarakat terhadap produk asuransi.

“Perusahaan asuransi adalah partner kunci untuk membuat sekaligus underwrite berbagai jenis produk asuransi. Fuse mengembangkan teknologi untuk mendistribusikan produk asuransi tersebut secara efektif melalui kanal-kanal distribusi.” 

Sebagai platform teknologi yang independen, Sambung Andy, Fuse sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan lebih banyak perusahaan asuransi. Karena tidak hanya meningkatkan penjualan produk, tetapi juga mendukung perusahaan asuransi dalam memberikan pengalaman terbaik dalam berasuransi bagi partner dan juga end-customers.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Sepanjang Kuartal III/2021 Kinerja Emiten Unggas Jeblok
Next Post Fintech Investasi Moduit Raih Pendanaan pra-Seri A Rp65 Miliar

Member Login

or