Media Asuransi, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mencatatkan penambahan pelanggan sebanyak 3,5 juta menjadi total 89,15 juta pelanggan di 2023. Kondisi itu mengantarkan PLN meraih keuntungan terbesar dalam sejarah perseroan dengan laba bersih sebesar Rp22,07 triliun pada 2023.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan PLN secara konsisten melakukan transformasi dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. PLN tidak hanya berfokus pada peningkatan suplai listrik tetapi juga berorientasi pada kepuasan pelanggan.
“Kami melakukan transformasi digital secara end-to-end dalam layanan pelanggan, sehingga membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan akses listrik. Jika dahulu kami hanya berorientasi pada suplai listrik sekarang orientasi kami untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan,” ujar Darmawan, dalam keterangan resminya, Selasa, 4 Juni 2024.
Darmawan merinci pertumbuhan jumlah pelanggan disumbang paling besar dari tarif rumah tangga sebanyak 3,22 juta, kemudian disusul tarif bisnis sebanyak 181.533 pelanggan. Sementara itu, penambahan pelanggan tarif sosial sebanyak 72.311 pelanggan, tarif pemerintahan 28.393 pelanggan, dan tarif industri 27.217 pelanggan.
|Baca juga: IHSG dan Kurs Rupiah Kompak Gaspol di Perdagangan Pagi
“Sehingga total pelanggan PLN sampai 2023 sebesar 89,15 juta dengan rincian pelanggan rumah tangga 81,5 juta pelanggan atau 91,47 persen dari total pelanggan, kemudian diikuti pelanggan tarif bisnis 4,70 juta pelanggan atau 5,28 persen dan pelanggan tarif sosial 1,9 juta atau sebesar 2,24 persen dari total keseluruhan pelanggan,” imbuh Darmawan.
Sementara itu, total pelanggan golongan tarif pemerintahan sebanyak 595.941 atau sebesar 0,67 persen dari jumlah pelanggan dan tarif industri sebesar 206.770 atau sebesar 0,23 persen dari total pelanggan.
Peningkatan jumlah pelanggan di 2023 ditopang oleh kecepatan penyelesaian daftar tunggu pelanggan di mana pengendalian Material Distribusi Utama (MDU) dan kecepatan eksekusi penyambungan menjadi kunci utamanya. Dengan upaya ini, penyambungan pelanggan di 2023 dapat terealisasi sebesar 3,5 juta sambungan pelanggan.
“Tren daftar tunggu 2023 terus menurun. PLN berkomitmen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, salah satu langkah yang dilakukan yaitu kecepatan penyambungan lebih baik dari tahun ke tahun dengan melakukan pengelolaan MDU, digitalisasi monitoring penyambungan melalui Virtual Command Center, dan optimalisasi eksekusi penyambungan,” pungkasnya.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News