Media Asuransi, JAKARTA – PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) dan Muhammadiyah melalui Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) PT Surya Ahda Digital (SADIGI), membentuk perusahaan patungan (joint venture) yang diberi nama PT Surya Mediatama Maxima (SMMX).
Pendirian perusahaan patungan ini bertujuan untuk mengakselerasi digitalisasi dan optimalisasi potensi ekonomi di dalam ekosistem Muhammadiyah, serta mengelola dan mengembangkan potensi ekonomi digital di lingkungan Muhammadiyah.
|Baca juga: Digital Mediatama Maxima (DMMX) Siap Perkuat Digitalisasi Muhammadiyah
PT Surya Mediatama Maxima (SMMX) berfungsi sebagai motor penggerak inovasi digital yang sejalan dengan nilai-nilai kemajuan organisasi. Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor digital vital seperti digitalisasi industri, perdagangan, angkutan, dan jasa.
Fokus utamanya mengelola potensi jaringan bisnis yang sangat besar dalam ekosistem Muhammadiyah, mulai dari perdagangan hasil pertanian, produk konsumen, hingga industri pengolahan dengan kekuatan platform digital modern dan AI, termasuk pengembangan aplikasi e-commerce, portal web komersial, dan penerbitan perangkat lunak untuk memberdayakan seluruh jaringan usaha Muhammadiyah.
|Baca juga: Digital Mediatama Maxima (DMMX) Dirikan Anak Usaha Baru
Dalam kerja sama ini, DMMX berperan sebagai penyedia teknologi dan infrastruktur digital. DMMX akan mengimplementasikan keahliannya dalam membangun platform digital yang terukur dan efisien untuk memberdayakan berbagai unit usaha di bawah naungan Muhammadiyah.
Direktur Utama DMMX, Budiasto Kusuma, menyatakan bahwa melalui PT Surya Mediatama Maxima (SMMX), pihaknya akan menyediakan tulang punggung teknologi yang dibutuhkan untuk membuka potensi tersebut, menciptakan efisiensi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis digital di dalam komunitas. “Ini adalah wujud komitmen DMMX untuk mengembangkan bisnis digital secara bersama dengan Muhammadiyah dan mendukung digitalisasi di setiap lapisan masyarakat,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 4 September 2025.
Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Bisnis Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Mukhaer Pakkanna, menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis Muhammadiyah dalam memperkuat transformasi digital yang berbasis pada nilai kebermanfaatan. “Melalui PT Surya Mediatama Maxima (SMMX), kami ingin memastikan agar digitalisasi tidak hanya mendorong efisiensi dan transparansi, tetapi juga memberikan nilai tambah nyata bagi umat, khususnya dalam peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial,” tuturnya.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News