Media Asuransi, JAKARTA – Peningkatan animo berbelanja saat Ramadan 2024 biasanya dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menggencarkan promosi guna memaksimalkan penjualan atau mencetak cuan. Dalam konteks itu, penggunaan jasa influencer menjadi salah satu strategi yang populer.
Namun menariknya, para influencer juga semakin aktif dalam mempromosikan bisnis mereka sendiri di media sosial. Ini mencerminkan dinamika yang menarik dalam ekosistem bisnis dan media sosial saat ini, di mana kolaborasi antara influencer dan pelaku bisnis menjadi semakin penting.
Dalam menghadapi fenomena tersebut, Jakpat dan Jangkara.id menjalankan riset digital selama Ramadan 2024 untuk mengeksplorasi seberapa efektif promosi produk/jasa oleh para influencer dan tanggapan publik terhadapnya.
Laporan ini melibatkan partisipasi dari 1.180 responden melalui aplikasi survei online Jakpat, serta melibatkan pemantauan terhadap 4.151 unggahan dari 50 influencer Instagram dengan jumlah pengikut terbesar di Indonesia, yang dipilih secara khusus oleh Jangkara. Survei dilakukan selama momen Ramadan pada Maret 2024.
Menurut survei daring Jakpat, 87 persen dari responden menyetujui promosi yang dilakukan influencer meningkatkan tingkat pemahaman masyarakat terhadap suatu produk. Selain itu, 72 persen dari responden menyatakan setuju promosi produk melalui influencer di platform media sosial lebih menarik dibandingkan dengan iklan yang disajikan di media massa.
|Baca juga: PermataBank (BNLI) Catat Laba Bersih Rp807,3 Miliar di Kuartal I/2024
Sebanyak 65 persen dari responden mengakui bahwa mereka tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan oleh influencer. Kategori produk seperti fesyen, kecantikan, dan kuliner ternyata menjadi yang paling diminati oleh responden.
“Di masa kini, influencer menjadi salah satu sumber informasi bagi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Oleh karena itu, peran influencer yang mampu memberikan informasi detail, akurat, dan terpercaya menjadi sangat penting,” ucap Research Lead Jakpat Farida Hasna, dalam keterangan resminya, Sabtu, 4 Mei 2024.
Pasangan Raffi Ahmad & Nagita Slavina
Hasil survei menunjukkan pasangan Raffi Ahmad & Nagita Slavina (Raffi-Gigi) adalah influencer terpopuler dengan 77 persen responden yang mengenalinya. Mereka juga menduduki peringkat teratas dari segi pengikut, yaitu 75,4 juta followers.
Posisi selanjutnya ada Prilly Latuconsina (65 persen) yang memiliki pengikut 55,8 juta dan Baim Wong (64 persen) dengan jumlah pengikut 18,5 juta. Sejalan dengan itu, berdasarkan monitoring di Instagram, Raffi-Nagita tercatat menjadi influencer yang paling aktif mempromosikan produk selama Ramadan 2024.
Terdapat 419 unggahan (story, image feed, dan video feed) dari akun @raffinagita1717 yang berisi promosi produk. Disusul oleh Ivan Gunawan (379 unggahan), Citra Kirana (277 unggahan), dan Ria Ricis (260 unggahan).
Sebanyak 81 persen responden Jakpat menyatakan produk kecantikan seperti skincare, body care, parfum, dan makeup; adalah produk yang paling banyak dipromosikan oleh influencer. Produk promosi lain yang juga sering dilihat responden adalah fesyen (73 persen) dan kuliner (71 persen).
Hasil monitoring Instagram mencatat produk fesyen terbanyak dipromosikan (34 persen) dari keseluruhan unggahan dengan dominasi promosi pakaian muslim (813 promosi). Selanjutnya, produk kuliner (25 persen) dengan unggahan terbanyak produk makanan (516 promosi) dan produk kecantikan (19 persen) dengan unggahan terbanyak produk skincare (394 promosi).
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News