1
1

Sasar Pasar Emerging Affluent, Maybank Indonesia (BNII) Kembangkan Segmen Privilege Banking

Sasar pasar emerging affluent, Maybank Indonesia (BNII) kembangkan segmen privilege banking. | Foto: Maybank Indonesia

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) atau Maybank Indonesia terus meningkatkan penetrasi pada segmen bisnis privilege banking. Hal itu sejalan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat emerging affluent di Indonesia akan layanan perbankan dan wealth management.

Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia Bianto Surodjo mengatakan pengembangan layanan privilege banking merupakan bagian dari implementasi misi BNII yakni ‘Humanising Financial Services’, dan strategi M25+, customer centricity.

“Kami melihat adanya kebutuhan layanan perbankan spesifik di segmen nasabah privilege. Nasabah di segmen ini merupakan kelas menengah di Indonesia,” ujarnya, ketika berbicara pada Media Update Maybank Indonesia bertema ‘Quiet Investing – Strategi investasi #Mulaibijakfinansial bersama Maybank Privilege‘, dikutip dari keterangannya, Kamis, 20 November 2025.

Segmen privilege merupakan layanan yang dikembangkan Maybank Indonesia untuk melayani nasabah di segmen kelas menengah atau emerging affluent. Saat ini, segmen privilege merupakan salah satu segmen yang menjadi fokus pertumbuhan bagi Maybank Indonesia.

Melihat potensi pertumbuhan kelas menengah di Indonesia di masa yang akan datang, perannya terhadap kinerja bank di masa yang akan datang menjadi sangat penting. Tren pertumbuhan jumlah nasabah diharapkan bergerak lebih baik hingga akhir 2025 dan diproyeksikan kembali meningkat pada paruh pertama 2026.

Di sisi lain, total aset yang dikelola terus menunjukkan tren peningkatan yang positif. “Nasabah di segmen ini semakin berkontribusi secara berkualitas dan berkelanjutan dan kami mengharapkan pertumbuhan di atas dua digit sampai lima tahun ke depan,” kata Bianto.

Profil nasabah privilege umumnya memiliki saldo yang lebih besar dibandingkan dengan nasabah di segmen mass market, serta cenderung memilih instrumen investasi yang relatif konservatif walaupun mulai berkembang kelompok kelas menengah yang lebih familiar dengan produk-produk investasi yang lebih progresif.

Ke depan, Bianto meyakini, potensi segmen ini tetap besar mengingat nilai aset nasabah yang terus meningkat. Pemulihan populasi pada 2026, didukung oleh peningkatan dana kelolaan, menjadi sinyal segmen privilege akan terus menjadi motor pertumbuhan dan penciptaan nilai bagi bank.

“Bagi Maybank Indonesia, segmen privilege merupakan salah satu pilar penting dalam strategi pertumbuhan berkelanjutan,” ucapnya.

Quiet investing

Head Wealth Management & Segmentation Maybank Indonesia Aliang Sumitro mengatakan dalam menghadapi dinamika pasar yang penuh gejolak, banyak investor sering terjebak dalam siklus fear and greed —mudah panik saat pasar turun, dan terlalu agresif saat pasar naik. Padahal, kunci dari investasi yang sehat justru ada pada ketenangan dan konsistensi.

“Inilah yang menjadi dasar dari filosofi quiet investing. Bukan tentang mengejar sensasi pasar atau keuntungan sesaat, melainkan tentang menumbuhkan kekayaan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Bagi nasabah yang memiliki visi berinvestasi jangka panjang, quiet investing membantu investor untuk menjaga fokus, menghindari keputusan impulsif, dan memastikan setiap langkah investasi selaras dengan tujuan hidup serta kesejahteraan jangka panjang mereka.

Strategi berinvestasi sesuai dengan filosofi quiet investing mencakup perencanaan portofolio yang terstruktur & berbasis tujuan (goal based investing), strategi investasi berkala (regular investment) & rupiah cost averaging, dan diversifikasi lintas produk, lintas kelas aset, lintas negara, dan lintas mata uang.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post AAUI Tegaskan SDM Jadi Fondasi Utama PT PINDAI untuk Tingkatkan Daya Saing Industri Asuransi
Next Post Dorong Transformasi Digital, Mekari Jurnal dan OCBC (NISP) Hadirkan Solusi Keuangan Terpadu

Member Login

or