Media Asuransi, JAKARTA – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2022 sebesar 120,3, lebih tinggi dibandingkan 117,2 pada bulan sebelumnya, serta secara konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100).
“Kenaikan IKK terpantau pada seluruh kategori pengeluaran, kelompok usia, serta kategori pendidikan responden,” kata Direktur Eksekutif, Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, dalam keterangan resmi, Selasa, 8 November 2022.
|Baca juga: Awas! Meski Ekonomi Tumbuh, Tingkat Konsumsi Masyarakat Melambat
Meningkatnya optimisme konsumen pada Oktober 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen, baik terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) terindikasi meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada indeks pembelian durable goods. Sementara dari sisi Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), peningkatan terutama terjadi pada ekspektasi kegiatan usaha.
BI mencatat IKE Oktober 2022 sebesar 112,3, lebih tinggi dibandingkan IKE September 2022 yang sebesar 108,3, juga lebih tinggi dibandingkan IKE Agustus 2022 yang sebesar 111,7. IKE yang meningkat ini didorong oleh meningkatnya seluruh komponen pembentuknya, yakni: pertama, peningkatan tertinggi pada indeks pembelian barang. Kedua, meningkatnya Indeks Penghasilan Saat Ini. Ketiga, meningkatnya Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja Saat Ini.
Sementara itu, IEK Oktober tercatat sebesar 128,3, lebih tinggi dibandingkan IEK September 2022 yang sebesar 126,1. Namun lebih rendah jika dibandingkan dengan IEK Agustus 2022 yang tercatat sebesar 137,7. IEK Oktober yang menguat, terutama didorong oleh: pertama, menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha. Kedua, menguatnya ekspektasi konsumen terhadap penghasilan. Ketiga, terjaganya ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan ke depan.
Erwin Haryono menjelaskan bahwa survei konsumen merupakan survei bulanan Bank Indonesia untuk mengetahui keyakinan konsumen mengenai kondisi ekonomi saat ini, yang tecermin dari persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi perekonomian ke depan. Indeks Keyakinan Konsumen hasil survei konsumen merupakan salah satu indikator perkembangan konsumsi rumah tangga dalam PDB.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News