Pemanfaatan teknologi digital di industri finansial semakin berkembang, ditandai dengan munculnya platform Financial Technology (fintech) yang menawarkan berbagai jasa mulai dari pembayaran, investasi, peminjaman, riset keuangan, dan perencanaan keuangan berbasis teknologi digital. Hal itu juga yang dilakukan tanamduit, sebuah platform digital, dengan menghadirkan fitur baru dan produk asuransi secara digital (insurtech), di Jakarta, 24 September 2019.
Kiprah tanamduit dimulai pada kuartal keempat tahun 2017 sebagai financial technology yang menawarkan fitur dan produk investasi reksa dana dan produk Surat Berharga Negara Ritel di bulan Mei 2018. Kini, di bulan September 2019, tanamduit menambahkan jasanya dengan menghadirkan fitur dan produk yang baru, yakni asuransi.
Dimulai sebagai platform investasi yang menjual reksa dana dan surat berharga negara, tanamduit hadir memberikan kemudahan berinvestasi tanpa harus melakukan transaksi tatap muka dan customer juga dapat memantau sendiri perkembangan investasinya melalui smart phone. “tanamduit didirikan untuk menjadi digital platform wealth management yang memudahkan masyarakat dalam mengatur keuangan,” kata Co-Founder tanamduit Rini Hapsari, saat membuka acara launching tanamduit insurtech.
Selaras dengan tujuan tersebut, maka tanamduit tidak hanya hadir dengan produk investasi reksa dana dan surat berharga negara retail, melainkan juga asuransi secara digital (insurtech) yang merupakan bagian dari fintech. Dengan demikian sekarang ini melalui platform tanamduit masyarakat dapat memilih dan membeli dari sekitar 60 produk reksa dana yang dikelola oleh 16 perusahaan Manajer Investasi, Surat Berharga Negara Ritel, dan lima produk asuransi yang direncanakan akan bertambah menjadi 20 produk asuransi di akhir tahun 2019.
tanamduit insurtech menghadirkan informasi yang transparan sehingga masyarakat leluasa memilih produk yang dibutuhkan dengan premi terjangkau dan benefit yang menarik, informasi polis, layanan klaim, dan metode pembayaran secara digital dengan proses yang mudah dan cepat dalam satu aplikasi. “Kami ingin menghadirkan solusi bagi masyarakat dalam berasuransi dengan menawarkan produk asuransi yang sesuai kebutuhan, premi yang terjangkau, dan tentunya kenyamanan dalam membeli hingga kemudahan klaim.” jelas Direktur Mercato Digital Insurtech (yang menjadi bagian dari platform tanamduit), Itha Sargianitha.
Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon menyampaikan harapannya dalam kesempatan yang sama. “Dengan adanya platform–platform seperti tanamduit, kami berharap kedepannya akan semakin banyak produk asuransi yang tersedia secara digital sehingga mampu menarik masyarakat khususnya generasi millennials untuk memiliki asuransi,” tuturnya dalam talkshow di acara peluncuran insurtech tanamduit ini.
Untuk memaksimalkan pelayanan dan kemudahan sebagai aplikasi wealth management, tanamduit didukung oleh pialang asuransi Premio yang telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan asuransi seperti PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), PT Central Asia Financial (Jagadiri), dan PT KSK Insurance Indonesia (KSK Insurance) dalam meluncurkan fitur untuk produk asuransi. Produk pertama diluncurkan pada platfform tanamduit adalah demam berdarah dengue (DBD) dan Hospital Cash Plan 5 Disease oleh Adira Insurance, Jaga Sehat Tropis dan Jaga Sehat Pilihanku oleh Jagadiri, dan Gadget Insurance oleh KSK Insurance. “Setiap bulan tanamduit akan meluncurkan produk asuransi baik yang basic seperti travel insurance maupun yang khusus seperti pet insurance,” tambah Itha.
Selain itu tanamduit juga memiliki program menarik. Setiap pembayaran premi setahun produk Gadget Insurance sejumlah Rp50.000 akan ada memperoleh cashback dalam bentuk reksa dana sejumlah Rp25.000. Kami harap program ini dapat mendorong keinginan kaum milenial untuk memilih asuransi dan investasi.
tanamduit adalah plaform digital yang membantu customer secara komprehensif dalam berinvestasi di reksa dana dan surat berharga negara ritel serta dalam membeli produk asuransi dan memonitor perkembangan capaian investasinya dan kepemilikan produk asuransinya. tanamduit menyajikan fasilitas self-learning untuk masyarakat yang masih awam dalam berinvestasi reksa dana dan juga membantu mereka untuk mengetahui profil risikonya. Dengan demikian tanamduit dapat merekomendasikan produk yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat.
tanamduit kini menjadi brand milik Mercato Digital Asia, holding company dari PT Star Mercato Capitale sebagai perusahaan efek khusus menjual reksa dana dan sebagai mitra distribusi Surat Berharga Negara Ritel, dan PT Mercato Digital Insurtech sebuah perusahaan rintisan sebagai pembawa bisnis asuransi yang bekerjasama dengan sebuah perusahaan broker asuransi, dengan tujuan memberikan pengalaman kepada masyarakat untuk berinvestasi dan berasuransi dengan mudah dan menyenangkan. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News